Skip to main content

[Visual Novel Review] Fortissimo EXS//akkord:nachten phase




[Visual Novel Review]



*Judul: Fortissimo EXS//akkord:nachten phase
*Release Date: 29 July 2012 (jp)
*Developer: LA’cryma
*Length: Long (40+ jam)
*Genre & Theme: Action, School, Chuunige, Romance & Comedy, Fantasy, Slice of life, Magic & Superpower, Battle Royale, Norse Mythology.

[Story]
*Main Scenario: Kamiya Suguru

Reiji Yoshino kembali ke kampung halamannya,Tsukuyomi-jima island, setelah meninggalkan kota bertahun tahun. Dalam perjalanan ke rumahnya, dia tersesat di mall baru Milky Way dan bertemu Suzushiro Nagisa, gadis seusianya yang ternyata sama sama tersesat. Sesampai dirumah lamanya, dia disambut oleh adiknya, Kurobane Sayuki, dan wali nya, Ichigo Sagara dengan hangat.
Saat berjalan jalan mengitari pulau, Reiji bertemu seorang gadis yang langsung menyatakan perasaanya padanya, namanya Satomura Momiji. Reiji pun dengan halus menolak dan menjadikanya teman.

Pada hari senin, hari saat pertama kali dia masuk sekolah sebagai murid pindahan, dia bertemu teman lamanya, Sumeragi Ryuuichi yang juga murid pindahan. Yang lebih mengejutkan, ternyata Nagisa dan Momiji juga murid di sekolah yang sama.

Reiji, Ryuuichi, Nagisa, dan Momiji menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu bersama. Walaupun begitu, di dunia lain, mereka harus bertarung sebagai lawan sampai mati, untuk mempertahankan apa yang mereka sayangi. Mereka dipaksa mengikuti ‘perang’ deathmatch yang disertai 13 orang.

[Characters]


*Reiji Yoshino (Loki, No. 13)



Protagonist of this VN, dia mempunyai partner sekaligus senjata bernama Sakura yang merupakan perwujudan dari roh pohon sakura tempat dia menghabisakan masa kecilnya. Dia juga mempunyai Rune (kemampuan) bernama Da Capo, yang bisa mengembalikan keadaan suatu objek dalam kurun waktu 24 jam.

<Magic>

-Sakura: Perwujudan dari roh pohon sakura yang menjadi partner sekaligus senjata Reiji.

<Rune>

Da Capo


-Da Capo [The Restored World]: Kemampuan Reiji yang bisa mengembalikan keadaan suatu objek dalam kurun waktu 24 jam. Dia bisa menyembuhkan luka, memperbaiki kerusakan dan juga mengembalikan serangan musuh kepada saat serangan belum diaktifkan.

-Da Capo Einhart [The Operative Restored World]: Modifikasi dari Da Capo, kemampuan ini menciptakan sebuah pelindung yang membungkus Reiji, membuat apapun yang di sentuhnya kembali pada keadaan sebelumnya. Pelindung ini membuat Reiji kebal terhadap serangan fisik apapun.

-Da Capo Zero [The Original Restored World]: True power dari Da Capo, kemampuan ini bisa mengembalikan keadaan apapun menjadi ketiadaan. Mau itu serangan fisik, serangan magic, objek, memori, kemampuan dan lain lain.

-Fenriswolf [Blue Spear of the Divine Wolf Fist]: Satu satu nya serangan ofensive Reiji, dia memfokuskan mana pada tinju nya dan mengeluarkanya sekuat tenaga membentuk power burst berwarna biru.

Fenriswolf


-Asgard Wolf [The Wolf Fist Lightning Spear That Pierces God]: Kemampuan Reiji, Fenriswolf, dikombinasikan dengan kemampuan Ryuuichi, Thorhammer menjadikan serangan yang super dahsyat. Digunakan saat melawan Odin.


*Sakura (Strategic Gramary Arms)



Partner Reiji sekaligus main heroine. Self proclaimed ‘lady’, dia selalu menganggap dirinya manusia dan juga ingin merasakan kehidupan sehari hari sebagai manusia bersama sang master. Dia selalu ceria, overreacting dan juga selalu menjahili masternya.


<Armament>

-Asgard [Temple of the Holy Light]: Sakura Battle Robe, menyimpan mana, dan membuat Sakura bisa menyerap sinar matahari untuk menyuplai mana.

-Laegjarn [Release the Nine Keys]: Sembilan kunci yang digunakan untuk membatasi kekuatan Sakura. Ketujuh kunci sudah terbuka saat Sakura dipanggil oleh Reiji saat pertama kali. Sisa dua kunci yang membatasi Laevantein.

<Runes>

-Laevantein [Holy Sword of the Untainted Cherry Blossom Light]: Kekuatan serangan Sakura yang berasal dari kumpulan sinar matahari, berbentuk sebuh cahaya berwarna merah muda, dapat menghancurkan sebuah planet dalam kekuatan penuh. Oleh karena itu digunakan sembilan kunci untuk menahan kekuatannya.

-Mimisbrunnr: Sebagai senjata bertarung, Sakura dapat membagi informasi nya kepada sang master, Reijii. Stat pertarungan, kekuatan lawannya dan lain lain dapat diketahui oleh Sakura dengan syarat dia melihat langsung teknik lawannya.

-Dual Laevantein [Multi-Dimensional Convergence Refraction Magical Melody]: Dengan melepas kesembilan kunci, Sakura dapat melancarkan kekuatan penuh Laevantein. Kekuatan ini berbentuk beberapa sinar cahaya yang dapat menghancurkan planet. Serangan ini tidak dapat di tahan maupun di hindari (yaiyalah orang planetnya ancur)

-Dimension Mirage [And Then There Were None]: Kekuatan Sakura yang membuat Sakura berpindah dimensi tetapi tetap mempertahankan image dirinya di dimensi yang lain untuk mengecoh lawannya. Serangan lawannya akan terlihat menembus karena sebenarnya Sakura tidak pernah berada disana.

-Fortissimo [Desired Peace for Everyone]: Digunakan setelah perang melawan Odin berakhir, dikombinasikan dengan Ultimate magic nya Reiji. Membuat Alternate Reality dimana perang di Tsukuyomi-jima tidak pernah terjadi dan semuanya menjalani hari hari yang normal. Dan juga dimana Reiji tidak pernah bertemu dengan Sakura...


*Sumeragi Ryuuichi (Thor)



Teman sekaligus rival masa kecil nya Reiji dan juga salah satu protagonist di vn ini. Dia mempunyai sense of justice yang besar. Ingin mengalahkan Odin agar menyelamatkan penduduk Tsukuyomi-jima, dia akan melakukan apapun untuk itu bahkan melukai temannya...

<Magic>

-Jarngreipner: Sarung tangan baja yang melapisi tangan kanan Ryuuichi, digunakan saat bertarung melawan Wizard. Selain karena ketahanan dan kekuatanya yang dasyat. Jarngreipner juga berfungsi sebagai pelindung saat Ryuuichi menggunakan Thorhammer.

-Mjolnir: Sarung tangan hitam yang digunakan pada tangan kirinya. Berfungsi untuk menghisap mana lawannya dan menggunakanya sebagai sumber kekuatan untuk melancarkan Thorhammer dan juga untuk mengaktifkan Turbulance.

-Megingjord: Ikat kepala merah yang menyimpan mana yang dia hisap melalui Mjolnir. Saat digunakan dapat mengaktifkan Turbulance tergantung banyaknya mana yang dihisap dari lawannya.

<Runes>

-Turbulance [Gale Thunderclap]: Dengan memakai Meigingjord, Ryuuichi dapat mengaktifkan Turbulance. Dia mengubah tubuhnya menjadi sekumpulan energi petir dan rambutnya berubah menjadi blonde. Di dalam mode ini dia dapat bergerak secepat kilat dan langsung menyerang musuhnya dengan serangan yang dahsyat. Dia juga dapat menghindari serangan musuhnya karena mempunyai kecepatan menyerupai petir.

-Thorhammer [The Lightning Spear that Pierces All]: Kekuatan serangan dahsyat yang dimiliki oleh Ryuuichi. Dia mengonsentrasikan kekuatan listriknya pada Jarngreipner, membentuk sebuah tombak dari petir, lalu melmparkanya pada musuhnya yang dapat menembus kekuatan pertahanan musuhnya.
-Nothung [Nine World]: Rune yang tersembunyi di dalam Jarngreipner. Ryuuichi mengontak kesembilan dunia yang dapat membuat kesembilan tombak petir secara bersamaan di kesembilan dunia tersebut, siap untuk dilemparkan.

-Thorhammer: Fullaccess [The Nine-Chance Lightning That Transcends All]: Kekuatan Thorhammer yang dahsyat dikombinasikan dengan kekuatan Nothung. Ryuuichi dapat membuat sembilan tombak petir dan melmparkanya pada musuhnya, sesaat sebelum lawan mengenai atau menghindari serangannya, Ryuuichi menggunakan Nothung agar sembilan tombaknya berpindah kesembilan dunia yang berhasil dia sambung. Ke dunia dimana lawannya tidak berhasil menghindar atau memblok seranganya itu. Jika salah satu tombak dari salah satu dunia mengani lawannya, Nothung akan membagi efek kerusakan pada lawanya ke sembilan dunia yang sudah terhubung.


*Kurobane Sayuki



Adik angkat Reiji, dia selalu kalem menghandapi musuhnya tapi menjadi brutal saat kakaknya diserang. Mempunyai magic berbentuk dua desert eagle, dan kemampuan menembak yang sudah terlatih diatas manusia biasa.


<Magic>

-Utamaru & Archimedes: Dua Pistol yang digunakan Sayuki

-Skoll & Hati: Sepasang sepatu boots yang berfungsi sebagai armor.

-Lindwurm: Senjata hasil gabungan dari Utamaru, Archimedes, Skoll & Hati.


<Runes>

-Weiss Schwarz [Gospel Magical Bullets]: Kemampuan yang memberi Sayuki pendengaran yang sangat tajam dan bereaksi sangat cepat terhadap suara tersebut.

-Flugel Blitz [Instant Magical Retrofit]: Membuat tubuh Sayuki lebih dapat menerima kekuatanya.

-Strum Kreuz [Meteor of Right and Wrong]: Sayuki menembakan peluru hitam putih keatas langit dan menghujalni musuhnya layaknya meteor.

-Alsvidr: Menggunakan Skoll & Hati untuk menembus ruang dan waktu. Digunakan saat melaawan Odin.

-Line Weiss Strahl [White and Black Flash that Dyes Everything Pure White]: Serangan yang memberikan rasa sakit yang permanen walaupun musuh telah menyembuhkan lukanya.

-Aquarianage [Aquarian Age]: Reloading Bullets into Lindwurm

-Nordstorm [Fixed Skill Formula High Order]: Mencharge aura kedalam Lindwurm.

-Schawarzschild [Fixed Skill Formula High Order Release]: Lindwurm berubah bentuk dan siap di tembakan.

-Overload Weiss Schwarz [The Magic Bullet Called Eternity]: Tembakan yang dapat mencapai target nya sampai manapun dan dimanapun di dunia ini.


*Momiji Satomura



Gadis sekelas Reiji yang esentrik, cerewat dan gk suka basa basi. Saat pertama kali bertemu Reiji, Momiji langsung jatuh cinta dan meminta Reiji untuk menjadi pacarnya. Dia sangat baik pada teman teman nya termasuk Reiji tetapi sangat dingin dak tidak peduli pada orang yang dia kenal. Dia punya trauma di masa lalu yang membuat adik nya meninggal.

Saat dalam Ragnarok, dia gk segan segan membunuh Reiji untuk melindungi temannya, Nagisa. Karena dia percaya bahwa tidak ada cara apapun untuk menyelamatkan semua orang, untuk memperoleh sesuatu, kau harus mengorbankan sesuatu yang lain L


<Magic>
Coming soon...

<Runes>
Coming soon...


*Nagisa Suzushiro




Teman dekat Momiji yang mempunyai perasaan pada Ryuuichi, selalu berusaha menarik perhatian Ryuuichi, tapi ya Ryuuichi nya aja yang gk peka >:( Orang yang ceria dan ramah dan dapat berteman dengan semua orang, tetapi karena pikiran nya pendek dan naif dia selalu jadi korban bullying Reiji & Momiji.

Dia mengikuti eskul kendo untuk membela diri, dan porsi makanan nya melebihi laki laki :3


[Art/Graphic]

Untuk CG nya lumayan bagus, tapi battle CG nya agak mengecewakan, background nya monoton dan gk menampilkan battlefield yang semestinya.

Untuk Ero CG, beuh mantap abis. Pas kita ikkeh oppai nya boing boing ke atas kebawah *ehem*


[Sound & Music]

Keren anju, musik pas battle nya kerasa tegang banget, pas scene sad juga musik nya nge pas kehati *ceileh* Opening nya ada 4, dan salah satu nya dari fripside, ending nya juga epik dah :(


[Pros & Cons]

*Pros
-Konsep cerita yang menarik dengan menggabungkan mitologi Nordic & German & Hebrew
-Dual Protagonist oh yeah
-Jalan ceritanya bagus
-Lore nya kaya
-3 rute dengan story yang bener bener beda, kek Fate/stay night gitu
-Ability dari characters nya bener bener komplek dan dijelaskan secara rinci
-Good Sountrack
-Good CG & Art
-Good Ero Scene *yg ini sangat penting*

*Cons
-Size nya... lumayan makan storage
-Background pada battle CG nya kurang
-Walaupun Dual Protagonist, stroy nya berat sebelah dan lebih fokus pada Reiji
-dah itu aja


[Final Thought]
Good VN buat yang suka Chunige (berantem beranteman) dan juga buat yang tertarik sama mitos Nordic. Ataupun buta yang suka nama ability yang edgy & cool af. Cocok juga buat yang suka cerita semacam battle royal karena bercerita tentang perang Ragnarok yang diikuti 13 orang di sebuah pulau.
Overall, good VN, but not the best J

Bonus:


Download:

UI

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.