Skip to main content

[Visual Novel Review] Riddle Joker (JP)

Riddle Joker Review

 

*Judul: Riddle Joker

*Release Date: 30 Maret 2018 (jp)

*Developer: Yuzusoft

*Publisher: Yuzusoft (jp), Epic Eagle Team & NekoNyan (en)

*Length: Long (30-50 jam)

*Genre & Theme: Supernatural, Drama, Romance, Slice of Life, Superpower, Action, Time Travel, School Life, Secret Identity, Chunige, Charage

*Sexual Content: ( ͡° ͜ʖ ͡°)


[Note: Ini review gw bikin berdasarkan versi rilisan jepang. Dikarenakan keterbatasan kemampuan gw dalam bahasa jepang, jikalau ada kesalahan ataupun kekurangan mohon dikoreksi.]

[Story]



-Synopsys

Arihara Satoru dan adiknya, Arihara Nanami adalah murid pindahan di Akki Academy, sekolah khusus untuk Astral User. Di dunia ini, ada sebagian orang di yang bisa menggunakan kekuatan supernatural, mereka disebut dengan sebutan “Astral User”
Di mata teman teman mereka, Satoru dan Nanami adalah murid SMA biasa, tetapi sebenarnya mereka adalah agen rahasia dari organisasi rahasia yang mempunyai misi untuk mengambil informasi rahasia tersembunyi dari sekolah mereka.

 -Impression

Well, first impression dari synopsis nya. Premise-nya mirip Sorcery Jokers (sama sama joker wkowkwo). Dimana di dunia nya tiba tiba ada suatu virus atau particle yang dapat memberi seseorang suatu kekuatan supernatural.
To be honest, alasan gwa tertarik mainin VN ini adalah character design nya si Mayu-senpai. Dan seketika main, I slightly have a mixed feeling about her character… well, I will be cover her more in her section for further detail.
Ok then, let’s proceed to the main section,

[Characters] 

Di VN kali ini ada 5 heroine dan 6 ending, 4 main heroine + 1 heroine dan 1 normal ending dimana lu gk dapet cwe satupun (wokwokwwok ngenes)

 

*Shikibe Mayu (CV: Gotou Mai)

Astral ability = membuat benda bisa menempel di udara. 

Heroine yang bikin w terjerumus mainin VN ini. Shikibe Mayu adalah siswi kelas 12 dan juga mempunyai lab personal-nya sendiri di Akki Gakuen. Seharusnya dia udah lulus, but for some reason, dia menunda-nunda kelulusan-nya buat alasan tertentu.
Well, personality wise, dia suka nge-tease dan jahil meskipun masih tetep kalem. Pengen keliatan kek oneechan tapi rada clumsy jadinya gagal. Dia berwibawa juga dan suka ngasih saran ke siswa dibawahnya, seperti saat festival or saat Nanami mikirin sesuatu…

Headpat intensifies~~
 
"Minaidee~!"

Her coffee is good tho (according to herself), Satoru sering mampir ke lab nya cuman sekedar buat minum kopi buatan-nya ataupun buat istirahat makan siang doang disana. She’s smart too and has confidence in her knowledge. Sekali dia mulai ngebahas tentang penelitiannya, dia gk akan bisa berhenti ngebacot.

Akhirnya lulus juga,

( ͡° ͜ʖ ͡°)

*Nijoun Hazuki (CV: Sendai Eri)

Astral ability: Mengendalikan air.



 Nijoun Hazuki, sang pahlawan kebenaran, Ally of Justice. Dia adalah pengurus asrama dimana Satoru & Nanami and the others live. Bapak-nya adalah seorang polisi yang membuat Hazuki mempunyai sense of justice yang tinggi. Dan ini menjadi gangguan untuk misi penyusupan-nya Satoru.
 
 
Headpat intensifies~~ (2)

Dia punya karakter yang stoik, serius dan selalu membela keadilan *uhuy*. Satoru hampir kewalahan saat ingin keluar masuk dari asrama karena Astral ability nya Hazuki yang gk main main dalam mendeteksi penyusup. Despite that, she’s actually a chuuni. Dia punya action figure tokoh tokoh samurai masa lampau dan juga hobby nonton film drama sejarah jepang. Sering juga berlaga kek samurai sambil ngayunin pedang nya (red: payung), dan bakal malu berat + mewek mewek pas ketauan si Satoru. Dia juga rada rada polos tentang hal hal yang berbau dewasa (R-18). Dikasih sedikit aja jokes dewasa pasti otak-nya langsung kotor, mukanya memerah & salah tingkah lol. And that’s why her sex scene is pretty good *damn*.

( ͡° ͜ʖ ͡°)

*Arihara Nanami (CV: Ishihara Mai)

-Astral Ability = Menyembuhkan luka
Adiklo sendiri lo pacarin! Bwahahaha!
Jokes aside, she’s actually your non-blood related sister. Karena lu dulunya Cuma seorang anak pinggiran, lalu di adopsi oleh ayahnya Nanami. Lu & Nanami adalah agen rahasia dari sebuah organisasi, dan kapten lu adalah bapak lo sendiri. Dia punya Astral ability yang sangat membantu untuk menyembuhkan Satoru dan juga memonitor gerakan Satoru & juga musuh dari jarak jauh. Dia juga hacker pro yang bisa nge-hack computer di lab nya Mayu-senpai dengan sekejap.

Nyelinap ke kamar kakak adalah hal yang wajar!
Personalitas-nya, well, she’s a caring imouto. Peduli sama kakaknya, rada pemalu saat ketemu orang baru, dan kadang ngehina kakaknya juga klo dah mulai melampaui batas (kek tsundere imouto chara aja gitu). Nice sister tho, jago masak dan sering masakin bento buat kakaknya, suka bangunin kakaknya kalau telat bangun, walaupun jadi nya malah ngewe dan gk masuk kelas xD. Dan dia juga sebenarnya cosplayer & otaku, tapi suka malu kalau di liatin kakaknya.

Untuk menghindari spoiler dari rute-nya, kita cukup kan sampai sini sadja.
( ͡° ͜ʖ ͡°)

Next,

*Mitsukasa Ayase (CV: Tanezaki Atsumi)
"Males bat jadi ketua OSIS,"

-Astral Ability = Push & Pull (kek Pein di Naruto)
Our main heroine… maybe?
Dia Ketua OSIS yang periang, friendly, selalu berwibawa dan peduli ke semua muridnya. Tapi itu Cuma kedoknya doing. Asli-nya dia orang yang malesan, gk peduli sekitar, kaum rebahan, bodo amat sama murid yang lain, dan lebih suka ngurung diri di kamar daripada main sama temen temen-nya. Cuma Satoru yang tau ‘dark side’ nya si Ayase. Dia juga ketauan oleh Satoru pake bantalan di dada-nya karena malu sama ukuran dadanya yang kecil. Dan secara tidak sengaja juga si Ayase mengetahui rencana si Satoru untuk mengambil data rahasia di sekolahnya. Ayase dan Satoru pun membuat kesepakatan dimana Satoru gk akan ngebongkar sifat Ayase yang asli dan Ayase gk akan ngelaporin perbuatan si Satoru ke kepala sekolah.
Setelah perjanjian tersebut terbentuk, Satoru jadi lebih sering main ke ruangan ketua OSIS Cuma sekedar ngobrol, ngebantu kerjaan OSIS, ataupun nonton video di Youtube & Nico Nico Douga (dan ngewe), dan Ayase pun gk ragu untuk ngeluarin sifat aslinya di depan Satoru. Satoru dan Ayase pun semakin depat karena keduanya saling mengetahui rahasia masing masing, mereka sering main game bareng atau nonton video horror (dan ngewe) di kamar Ayase atau Satoru.


( ͡° ͜ʖ ͡°)
*[Seiyuu Fun Fact: Tanezaki Atsumi di industri lain berperan sebagai Amano Miu (Blend S), Hatori Chise (Mahoutsukai no Yome), Futaba Rio (Seshun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai), Albacore dan Zara (Azurlane), Vikala (Granblue Fantasy), dan dari game yang lagi booming, Blue Poison (Arknights), dan lain-lain yang gk mungkin gw sebut semua]*

*Mibu Chisaki (CV: Fujita Akane)


-Astral Ability = None
My favorite kouhai!! Dia adik kelas lu sekaligus temen sekelas adiklu. Sebenarnya Chisaki Cuma berperan sebagai side-character dan rute nya juga Cuma kek rute tambahan gitu. Tapi di mata gw dia adalah best heroine di game ini, walaupun rute-nya pendek dan mengecewakan.

Chisaki tidak mempunyai Astral Ability yang menjadikan dia salah satu murid normal di Akki Gakuen. And that’s why she’s special in my eye. Dia sahabatan sama adiklu Nanami, dan selalu pergi ke sekolah bareng ataupun makan bareng. Semakin deket dia sama Satoru, semakin sering juga di ngejailin si Satoru. Sok-sok an pro pas nge-blowjob padahal mah baru pertama kali wkwkw. Satoru pernah nyelamatin dia dari orang mesum dan di saat itu lah Chisaki mulai suka sama si Satoru. Chisaki gk akan mempertanyakan pekerjaan si Satoru kalau Satoru nya emang sulit untuk membicarakan-nya. Tapi dia berjanji bakal nge-heal *( ͡° ͜ʖ ͡°)* Satoru kalau Satoru kelelahan dari pekerjaan-nya.
( ͡° ͜ʖ ͡°)
*[Seiyuu Fun Fact: Dia Seiyuu-nya Sagiri (Eromanga-sensei) dan juga Sistine Fibel (Roku de Nashi Majutsu Koushi to Akashic Records) loh. Jadi-yang mau ngedengerin suara desahan-nya Sagiri Saat nge-sex *( ͡° ͜ʖ ͡°)* bisa dicoba dengerin suara dia. Ataupun suara karakter VN lain seperti Yuuki Noa (9 -nine-) ataupun Kuro (Sakura Moyu)]*

[Art/Grapichs]
Well, ciri khas Yuzusoft aja sih, colorful tpi ya gk berlebihan. Yang gw suka adalah dalam satu line dialog, ekspresi sprite-nya ganti-ganti sesuai ekpresi voice-nya. Jadi kita lebih dapat memahami character-nya.

Background CG is decent, yang paling gw kesel di VN semi-chuunige kek gini itu, pas scene gelut nya gk ada CG khusus, jadi gw susah buat ngebayangin adegan action-nya kayak gimana. Cuma ada efek tebasan, sound efek slash slash duarr, dan setumpuk monolog kontol yang susah buat gw interpretasi.

[Sound/Music] 
Umm, gk ada yang bikin gw terkesan sih, tapi gk buruk juga. Ya lumayan lah daripada gk ada samasekali. Tapi menurut gw kerasa kurang joss. Backsound pas adegan romantis gagal nge-amplify adegan-nya sendiri. Backsound pas adegan gelud pun sama sama gagal bikin suasana-nya tegang. Tapi pas adegan komedik pas bgt sih…

Kalo buat Ending Music nya gw acungin jempol dah, karena setiap heroine punya Ending Song nya masing masing 

[Final Thoughts]
Well, it’s from Yuzusoft, the same company that’s make Senren * Banka and Dracu-Riot! Tetapi jangan sama kan level-nya sama Dracu-Riot!


Dracu-Riot! Lebih fokus ke fantasy-nya sedangkan Riddle Joker lebih condong ke School Life dan comical.  This VN is good in its own though. Meskipun Ending setiap character ada yang rada absurd dan action-nya gk kerasa sama sekali. Tapi kekurangan-nya di tutup dengan character dan atmosfer yang lebih cheerful.

Final Word, kalo yg suka Charage cobain aja, karakternya waifu-able kok. Buat yang suka Nukige, gk di rekomendasiin, soal-nya adegan sex, walaupun bagus, sangatlah kurang dari segi jumlah *opini pribadi*. Buat pecinta Nakige apalagi Utsuge mending jauh-jauh aja, gk ada drama mewek-mewekan disini, yang ada kalian malah kesel ngeliat betapa dangkal ceritanya. Buat yang suka Chuunige juga stay-away aja, masih banyak yang lain yang lebih kerasa action & fantasy-nya daripada ini. 

[Pros & Cons]  
 
*[Pros]

-Character-nya waifuable
-Nice Art & CG
-ED Song nya berbeda-beda tiap heroine
-Ada CG mode, Scene mode, Sound mode, dan Stand mode.
-Ada route flowchart untuk memudahkan navigasi antar rute
-H-scene yang, well, lumayan
-Komedi nya lumayan

*[Cons]
-Premise bagus, tapi penyelesaian premise tersebut kurang. Well karena ini Charage jadi gw maklumin
-Setiap heroine memang selalu ada drama, tapi kurang berasa
-Action-nya apalagi, susah dibayangin karena kurang-nya CG dan Effect buat nampilin-nya
-Soundtrack dan Background Music gk ada yang special, it’s decent.

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.