8 CONSTRUCTED LANGUAGE/BAHASA BUATAN DALAM DUNIA GAMES
Ada banyak alasan kenapa para creator game memasukan bahasa fiksi buatan mereka kedalam game yang mereka buat.
Yang pertama, yaitu untuk membuat pondasi setting yang kuat dalam genre fantasy sehingga kita akan berpikir, dunia dalam game yang kita mainkan benar benar berbeda dari dunia kita, entah itu dunia dimana komunikasi dan bahasa manusia berevolusi kearah yang lain, ataupun membuat setting waktu yang sangat jauh sampai 10.000 tahun yang akan datang atau 40.000 tahun yang lalu.
Gw pun pernah berpikir, apa mungkin di alternate universe yang lain, walaupun sama sama manusia, tetapi bahasa yang mereka gunakan beda banget sama yang kita pakai di universe kita sekarang? Mungkin saja huruf gibberish seperti !@!$#%&^&* sebenarnya memiliki arti. Atau mereka berkomunikasi memakai telepati ataupun cara lain? Well, mungkin saja! Dunia kita tak terbatas!
Yang kedua, tentu saja untung membuat player berpikir keras untuk menerjemahkan bahasa tersebut. Dan ada juga bahasa yang digunakan sebagai plot device (seperti Thu’um di Skyrim)
Berikut list bahasa yang udah sedikit gw pelajari, sebetulnya masih banyak bahasa buatan dari berbagai media, seperti dari Film (Klingon from Star Trek), Animanga (Baronh from Crest of the Starts), Komik (Kryptonian from DC Universe), Musik (Yuki Kajiura’s Credens Justittiam from Puella Magi Madoka Magica, and mainly Akiko Shikata’s songs) dan Game yang lain (their respective races languange from World of Warcraft)
1. Dovahzul (Dragons Language)
Appears in: The Elder Scrolls series (especially Skyrim)
Used by: Dovahkiin (Dragonborn)
Grammar: Similar to German
Has it’s own alphabet: Yes (glyph nya dibuat berdasarkan bentuk cakaran naga)
Has it’s own vocabulary: Yes
-Sejarah:
Fus Ro Dah! Bagi yang udah main Skyrim pasti gk asing. Bahasa yang khusus untuk para Dragonborn yang digunakan untuk mengeluarkan kekuatan khusus yang disebut Thu’um. Sejarah mencatat salah satu Dragonborn, Jurgan Windcaller, bahkan memenangkan perang melawan pasukan Morrowind hanya dengan teriakannya. Dia juga menjadi penemu filosofi The Way of the Voice, pengikut pengikutnya tinggal di High Hrothgar di atas gunung Throat of the World, dan menunggu sampai the Last Dragonborn(the player) muncul untuk mengalahkan Alduin.
Example sentence:
Wuldsetiid los tahrodis (the vortex of time is treacherous)
Ziil gro dovah ulse! (your soul is bound to me for eternity)
-Quick Learn:
Kurang lebih sama kayak bahasa Inggris,
Contoh:
Rah wahlaan (Rah = Dewa; Wahlaan = Buat/Cipta; Rah wahlaan= Dewa Penciptaan)
Od-ah-viing (Od = Snow; Ah = Hunter; Viing = wing; Odahviing = Winged Snow Hunter)
*Untuk membuat kosakata majemuk, ambil huruf terakhir dan tambahkan “e”
kel = Elder Sroll; kelle = Elder Scrolls
dovah = dragon; dovahhe = dragons
*Untuk membuat perfect verb, tambahkan “aan” diakhir
Al = destroy; Alaan = desroyed
Dah = push; Dahaan = pushed
-Source & reference: http://en.uesp.net/wiki/Lore:Dragon_Language
2. Unknown Language from NieR
Appears in: NieR series
Used by: ?
Has it’s own alphabet: Still Unknown (?)
Has it’s own vocabulary: still unknown
-Basic
Semua lagu yang dinyanyikan dalam game NieR dan NieR: Automata menggunakan made-up language yang di buat oleh Emi Evans. Emi Evans sendiri berkata bahwa bahasa ini adalah bahasa gabungan dari bahasa bahasa lain yang akan berubah dalam 1000 tahun kedepan. Menurut gw Bahasa ini berhasil menciptakan kesan futuristic post apocalyptic dari seri NieR.
Sebetulnya ni bahasa termasuk dalam kategori “Chaos Language” bahasa yang tak memiliki arti tetapi gabungan dari bahasa bahasa yang lain, seperti English, French, Sankrit, Spanish & Japanese.
Walaupun tidak memiliki arti, semua ost di seri Nier mempunyai arti symbolic masing masing, dan interepretasi nya berbeda beda tergantung dari pendengarnya.
Example sentence:
Otrajain aforenje kurasolda towa nayme fretsumekri fretsumekri linganmai (from Song of the Ancients ~Devola~)
Luvha dume du hara menua lu sic lluvha lue tela me feli musui ha (from Emil Sacrifice)
Yo ta dyoda olt meiku harei faram lia bo yo mikyo da yoko gran nao hei kaine irkarath (from Kaine Salvation)
Lae’ah nousheri fishpava lehadi yel’etkai iichnesa vhapfa saharui tithaleth clahllu shalenlek klahou (from Vague Hope (Cold Rain))
-Source: youtube
3. Hymmnos (Song Language)
Appears in: Ar Tonelico series
Used by: All human, Reyvateil & some machines created in second to third era.
Has it’s own alphabet: Yes (glyph nya di buat berdasarkan bentuk wave spectrum)
Has it’s own vocabulary: Yes
List of dialect: Central Standart Note, Kurt Ciel Note, Cluster Note, Alpha Note, Ancient Metalfalss Note, New Testament of Pastalie, Carmena Foreluna, Corrupted Pastalie Hymmnos, Ar Ciela.
-Basic
Walaupun bukan digunakan untuk bahasa percakapan, hymmnos digunakan untuk mengeluarkan song magic dengan mengakses song server, ataupun men-download song magic dari Hymn crystal, in-fact, hampir semua teknologi di third era menggunakan bahasa hymmnos untuk menjalankan nya.
Yang unik dari bahasa Hymmnos adalah emosi si pembicara mengambil peran yang sangat penting, song magic & teknologi yang lain tidak akan berfungsi apabila si pembicara mempunyai perasaan yang tidak sama dengan kalimat yang di ucapkannya.
Example sentence:
Was ki ra accroad shen xe unloee = bow before the gazzling light (from EXEC_HYMME_FRAY=FRANCESCA./)
xU rre sefani s.n.k.k. aje qraffa (from EXEC_over.METHOD_SUBLIMATION./) <- sebenarnya yang ini dialect new pastalie yang bakal gw bahas nanti, tpi biarlah biar lebih menarik ;)
-Quick Learn
Karena Hymmnos bertujuan untuk mengutarakan perasaan dari si pembicara, sebuah kalimat harus dimulai dari Emotion Sounds, yang terdiri dari 3 kata,
Contoh: Was yea ra chs hymmnos mea (aku dengan senang hati akan membuat diriku menjadi lagu)
Tiga kata pertama “Was yea ra” adalah Emotion Sounds yang dibagi menjadi tiga level,
Kata “Was” (sangat) adalah level 1, yang menyatakan seberapa besar emosi saat ini
Lists:
Was = sangat; Fou = Sedikit; Rrha= sangat sedikit; Wee = setengah setengah; Ma= fokus; Nn = tidak sadar;
Kata “yea” (senang) adalah level 2, yang menyatakan emosi si pembicara
Lists:
I = tidak sabar, yea = senang, waa = bahagia, paks = ragu, num = nothing, ki = konsentrasi, woi = terburu buru, au = sedih, nyasri = sangat sedih, granme = berani, touwaka = berharap, quel = sengsara, yant = takut, lau = ketakutan, guwo = marah, zeez = dendam, jyel = kesepian, zweie = khawatir
Kata “ra” (ingin terus berlanjut) adalah level 3 yang menyatakan keiniginan si pembicara terhadap emosi nya
Lists:
Ga = ingin segera berakhir, ra = ingin terus berlanjut, erra = ingin terus berlanjut selamanya, wa = tidak peduli, gagis = biasa aja
Selanjutnya sama aja kayak kalimat biasa: (e.s lv1)(e.s lv2)(e.s lv3)(verb)(object)(compound)
Contoh: Was yea ra chs hymmnos yor (sangat)(senang)(ingin terus berlangsung)(ubah)(lagu)(kau)
*Dikarenakan Hymmnos selalu menggunakan firstperson (default subject: si pembicara), untuk menentukan subjek digunakan partikel “rre”
Contoh: Wee ki ra hyma rre hilmy pagie wart (sedikit)(konsentrasi)(ingin terus berlanjut)(mendengarkan)(<subject>)(berbicara)(kata) = Aku akan berkonsentrasi mendengarkan kata yang dibicarakan hilmy.
*Sama seperti English, kata sifat digunakan sebelum kata benda
Contoh: tyui frawr(small)(flower)
*Passive Voice, harus menggunakan partikel “re” sebelumnya,
Contoh: Was ki ra re gyuss lir = i’m being embraced by the light
*Kata negatif, harus menggunakan kata “na” sebelumnya,
Contoh: yehah (happy); na yehah (unhappy)
-Source & reference: http://conlang.wikia.com/wiki/Hymmnos http://artonelico.wikia.com/
4.New Testament of Pastalie
Appears in: Ar Tonelico series
Used by: All Human, Reyvateil & machines in Metalfalss
Has it’s own alphabet: Using Hymmnos glyph
Has it’s own vocabulary: Yes
-Basic
My personal favorite, bahasa ini sebenarnya salah satu dialect dari bahasa hymmnos, yang digunakan oleh orang orang di daerah Metalfalss untuk mengakses server Infel Phira agar mendapat respon PING yang lebih cepat (kalo pake standart hymmnos koneksi nya lemot coy)
Gw membahas dialect ini di section yang berbeda karena grammar nya yang unik dan beda banget sama standart hymmnos
Bahasa ini diciptakan untuk mempercepat proses dan respon dari server Infel Pira, oleh karena itu satu kalimat biasanya sangat pendek
“Was yea ra chs hymmnos mea” dalam standart note, dan “cEze hymmnos/.” Dalam new testament mempunyai arti yang sama.
*Example sentence:
en harr w.n.s anw ovyu sechel sev maen olo/. = and she returned to ruins city at fullmoon night (from METHOD_IMPLANTA/.)
xO rre mLYOtOyOyO giz wOsLYI du giz/. = being dread to those who give birth to terror (from METHOD_REPLEKIA/.)
-Grammar
*New testament meniadakan Emotion Sounds dan menggantinya dengan Emotion Verbs
Contoh: hEmmErYE hymmnos/. (Aku dengan senang hati akan menyanyikan sebuah lagu)
hEmmErYE adalah Emotion Verb, yaitu gabungan dari Base Verb dan Emotion Vowel.
Base Verb nya adalah h.m.m.r (bernyanyi) yang diisi oleh Emotion Vowel di titik yang tersedia,
E (bahagia) & YE (kebahagiaanmu) adalah Emotion Vowel yang menunjukan perasaan si pembicara. Kekuatan Emotion Vowel berurut melemah dari kiri ke kanan, dari contoh diatas “hEmmErYE”, berarti “E” (kebahagiaan si pembicara) yang menjadi fokus kalimat dan lebih kuat daripada “YE” (kebahagiaan lawan bicara)
A = kekuatan, konsentrasi, berusaha; E = kebahagiaan, kenikmatan; I = kesakitan, ketakutan; U = kesedihan, kekhawatiran; O = kemarahan, dendam; N = Ketenangan.
*Penambahkan “Y” didepan digunakan untuk mengekspresikan perasaan pembicara pada lawan bicaranya dan menambahkan “LY” digunakan untuk mengekspresikan perasaan pembicara kepada dunia.
Contoh: YO (kemarahanmu), LYO (kemarahan/kegilaan dunia)
*Subject Definer, karena default subjek nya “aku”, digunakan partikel “x.” untuk mengganti subjek
Contoh: xE yorr hYEmEmArA/. (You sings happily)
*Untuk menggunakan subjek selain pronoun, digunakan partikel “rre”
xA rre hilmy hYEmEmArA/. (Hilmy sings happily)
Contoh dari lirik lagu METHOD_HYMME_GRANZERO=SPEAR/.
xE rre qvag kYIrLYO agan/. (the disaster descends again)
*Kata benda kepemilikan, kita tinggal menambahkan Emotion Vowel di depan noun
Ahymmnos (Laguku, yang kurasa biasa saja), Ehymmnos (Laguku, yang kurasa bahagia), YUhymmnos (Lagumu, yang kau rasa sedih) Ohymmnos_hilmy (Lagu milik hilmy, yang dia rasa benci)
*Untuk kepemilikan benda mati
zalez ale (suara airterjun)
*Passive Voice, tambahkan “eh” di akhir Emotion Verbs
xE rre hilmy fYUwrUn lyuma/. (Hilmy memeluk bintang) <- Active Voice
xE rre hilmy fYUwrUneh lyuma/. (hilmy dipeluk bintang)
*Desirative Form, menyatakan keinginan, tambahkan aye dibelakang Emotion Verb
xE rre hilmy fYUwrUnaye lyuma/. (hilmy akan/ingin memeluk bintang)
xE rre hilmy fYUwrUnehaye lyuma/. (hilmy akan/ingin dipeluk bintang)
*Kata negatif, tambahkan kata “zz” didepan noun atau verb
zz hYOmUmrU./ (tidak bernyanyi)
arhou (harapan) -> zz arhou (keputusasaan)
*Kata kerja sebagai subjek
xA harr hLYUmLYUmOrO eje/. (dia menyanyikan (isi) hatinya)
xA sorr kLYUvLYUr du qjyu/. (Lagunya merangkul orang orang)
Kita jadikan kalimat pertama sebagai subjek
xA harr hLYUmLYUmOrO kLYUvLYUr du qejyu./ (dia bernyanyi (dan nyanyiannya) merangkul orang orang)
xA harr h.m.m.r eje kLYUvLYUr du qejyu/. (Nyanyian hatinya merangkul orang orang)
Dalam contoh kedua, untuk menambahkan object “eje” kita harus menghilangkan Emotion Vowel dari h.m.m.r untuk menghindari misinformation dari kedua verb.
*Kata kerja sebagai objek
fEwrEn x. harr h.m.m.r eje (aku memeluk nyanyian hatinya)
*Kata kerja menjadi kata benda dengan partikel “-za”
Contoh dari lirik lagu METHOD_IMPLANTER/.
wYAfA za rYAfrm 1001 Atitia_qejyu en vYAsk yor/. (keinginanku adalah memperlihatkan kepadamu 1001 hati yang baik, sehingga kau bisa merasakannya)
*Xc=ABC -> XYZ/. (untuk menunjukan “kalau... sehingga....”)
Xc=hLYEmYEmArA -> cEzLYE hymmnos/. (kalau aku bernyanyi, aku menjadi lagu)
-Source: http://artonelico.wikia.com/ http://conlang.wikia.com/wiki/Hymmnos
Segitu dulu ya gan, 5-8 ntar gw bahas lain kali
-Source & reference: https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/ConLang
Ada banyak alasan kenapa para creator game memasukan bahasa fiksi buatan mereka kedalam game yang mereka buat.
Yang pertama, yaitu untuk membuat pondasi setting yang kuat dalam genre fantasy sehingga kita akan berpikir, dunia dalam game yang kita mainkan benar benar berbeda dari dunia kita, entah itu dunia dimana komunikasi dan bahasa manusia berevolusi kearah yang lain, ataupun membuat setting waktu yang sangat jauh sampai 10.000 tahun yang akan datang atau 40.000 tahun yang lalu.
Gw pun pernah berpikir, apa mungkin di alternate universe yang lain, walaupun sama sama manusia, tetapi bahasa yang mereka gunakan beda banget sama yang kita pakai di universe kita sekarang? Mungkin saja huruf gibberish seperti !@!$#%&^&* sebenarnya memiliki arti. Atau mereka berkomunikasi memakai telepati ataupun cara lain? Well, mungkin saja! Dunia kita tak terbatas!
Yang kedua, tentu saja untung membuat player berpikir keras untuk menerjemahkan bahasa tersebut. Dan ada juga bahasa yang digunakan sebagai plot device (seperti Thu’um di Skyrim)
Berikut list bahasa yang udah sedikit gw pelajari, sebetulnya masih banyak bahasa buatan dari berbagai media, seperti dari Film (Klingon from Star Trek), Animanga (Baronh from Crest of the Starts), Komik (Kryptonian from DC Universe), Musik (Yuki Kajiura’s Credens Justittiam from Puella Magi Madoka Magica, and mainly Akiko Shikata’s songs) dan Game yang lain (their respective races languange from World of Warcraft)
1. Dovahzul (Dragons Language)
Appears in: The Elder Scrolls series (especially Skyrim)
Used by: Dovahkiin (Dragonborn)
Grammar: Similar to German
Has it’s own alphabet: Yes (glyph nya dibuat berdasarkan bentuk cakaran naga)
Has it’s own vocabulary: Yes
-Sejarah:
Fus Ro Dah! Bagi yang udah main Skyrim pasti gk asing. Bahasa yang khusus untuk para Dragonborn yang digunakan untuk mengeluarkan kekuatan khusus yang disebut Thu’um. Sejarah mencatat salah satu Dragonborn, Jurgan Windcaller, bahkan memenangkan perang melawan pasukan Morrowind hanya dengan teriakannya. Dia juga menjadi penemu filosofi The Way of the Voice, pengikut pengikutnya tinggal di High Hrothgar di atas gunung Throat of the World, dan menunggu sampai the Last Dragonborn(the player) muncul untuk mengalahkan Alduin.
Example sentence:
Wuldsetiid los tahrodis (the vortex of time is treacherous)
Ziil gro dovah ulse! (your soul is bound to me for eternity)
-Quick Learn:
Kurang lebih sama kayak bahasa Inggris,
Contoh:
Rah wahlaan (Rah = Dewa; Wahlaan = Buat/Cipta; Rah wahlaan= Dewa Penciptaan)
Od-ah-viing (Od = Snow; Ah = Hunter; Viing = wing; Odahviing = Winged Snow Hunter)
*Untuk membuat kosakata majemuk, ambil huruf terakhir dan tambahkan “e”
kel = Elder Sroll; kelle = Elder Scrolls
dovah = dragon; dovahhe = dragons
*Untuk membuat perfect verb, tambahkan “aan” diakhir
Al = destroy; Alaan = desroyed
Dah = push; Dahaan = pushed
-Source & reference: http://en.uesp.net/wiki/Lore:Dragon_Language
2. Unknown Language from NieR
Appears in: NieR series
Used by: ?
Has it’s own alphabet: Still Unknown (?)
Has it’s own vocabulary: still unknown
-Basic
Semua lagu yang dinyanyikan dalam game NieR dan NieR: Automata menggunakan made-up language yang di buat oleh Emi Evans. Emi Evans sendiri berkata bahwa bahasa ini adalah bahasa gabungan dari bahasa bahasa lain yang akan berubah dalam 1000 tahun kedepan. Menurut gw Bahasa ini berhasil menciptakan kesan futuristic post apocalyptic dari seri NieR.
Sebetulnya ni bahasa termasuk dalam kategori “Chaos Language” bahasa yang tak memiliki arti tetapi gabungan dari bahasa bahasa yang lain, seperti English, French, Sankrit, Spanish & Japanese.
Walaupun tidak memiliki arti, semua ost di seri Nier mempunyai arti symbolic masing masing, dan interepretasi nya berbeda beda tergantung dari pendengarnya.
Example sentence:
Otrajain aforenje kurasolda towa nayme fretsumekri fretsumekri linganmai (from Song of the Ancients ~Devola~)
Luvha dume du hara menua lu sic lluvha lue tela me feli musui ha (from Emil Sacrifice)
Yo ta dyoda olt meiku harei faram lia bo yo mikyo da yoko gran nao hei kaine irkarath (from Kaine Salvation)
Lae’ah nousheri fishpava lehadi yel’etkai iichnesa vhapfa saharui tithaleth clahllu shalenlek klahou (from Vague Hope (Cold Rain))
-Source: youtube
3. Hymmnos (Song Language)
Appears in: Ar Tonelico series
Used by: All human, Reyvateil & some machines created in second to third era.
Has it’s own alphabet: Yes (glyph nya di buat berdasarkan bentuk wave spectrum)
Has it’s own vocabulary: Yes
List of dialect: Central Standart Note, Kurt Ciel Note, Cluster Note, Alpha Note, Ancient Metalfalss Note, New Testament of Pastalie, Carmena Foreluna, Corrupted Pastalie Hymmnos, Ar Ciela.
-Basic
Walaupun bukan digunakan untuk bahasa percakapan, hymmnos digunakan untuk mengeluarkan song magic dengan mengakses song server, ataupun men-download song magic dari Hymn crystal, in-fact, hampir semua teknologi di third era menggunakan bahasa hymmnos untuk menjalankan nya.
Yang unik dari bahasa Hymmnos adalah emosi si pembicara mengambil peran yang sangat penting, song magic & teknologi yang lain tidak akan berfungsi apabila si pembicara mempunyai perasaan yang tidak sama dengan kalimat yang di ucapkannya.
Example sentence:
Was ki ra accroad shen xe unloee = bow before the gazzling light (from EXEC_HYMME_FRAY=FRANCESCA./)
xU rre sefani s.n.k.k. aje qraffa (from EXEC_over.METHOD_SUBLIMATION./) <- sebenarnya yang ini dialect new pastalie yang bakal gw bahas nanti, tpi biarlah biar lebih menarik ;)
-Quick Learn
Karena Hymmnos bertujuan untuk mengutarakan perasaan dari si pembicara, sebuah kalimat harus dimulai dari Emotion Sounds, yang terdiri dari 3 kata,
Contoh: Was yea ra chs hymmnos mea (aku dengan senang hati akan membuat diriku menjadi lagu)
Tiga kata pertama “Was yea ra” adalah Emotion Sounds yang dibagi menjadi tiga level,
Kata “Was” (sangat) adalah level 1, yang menyatakan seberapa besar emosi saat ini
Lists:
Was = sangat; Fou = Sedikit; Rrha= sangat sedikit; Wee = setengah setengah; Ma= fokus; Nn = tidak sadar;
Kata “yea” (senang) adalah level 2, yang menyatakan emosi si pembicara
Lists:
I = tidak sabar, yea = senang, waa = bahagia, paks = ragu, num = nothing, ki = konsentrasi, woi = terburu buru, au = sedih, nyasri = sangat sedih, granme = berani, touwaka = berharap, quel = sengsara, yant = takut, lau = ketakutan, guwo = marah, zeez = dendam, jyel = kesepian, zweie = khawatir
Kata “ra” (ingin terus berlanjut) adalah level 3 yang menyatakan keiniginan si pembicara terhadap emosi nya
Lists:
Ga = ingin segera berakhir, ra = ingin terus berlanjut, erra = ingin terus berlanjut selamanya, wa = tidak peduli, gagis = biasa aja
Selanjutnya sama aja kayak kalimat biasa: (e.s lv1)(e.s lv2)(e.s lv3)(verb)(object)(compound)
Contoh: Was yea ra chs hymmnos yor (sangat)(senang)(ingin terus berlangsung)(ubah)(lagu)(kau)
*Dikarenakan Hymmnos selalu menggunakan firstperson (default subject: si pembicara), untuk menentukan subjek digunakan partikel “rre”
Contoh: Wee ki ra hyma rre hilmy pagie wart (sedikit)(konsentrasi)(ingin terus berlanjut)(mendengarkan)(<subject>)(berbicara)(kata) = Aku akan berkonsentrasi mendengarkan kata yang dibicarakan hilmy.
*Sama seperti English, kata sifat digunakan sebelum kata benda
Contoh: tyui frawr(small)(flower)
*Passive Voice, harus menggunakan partikel “re” sebelumnya,
Contoh: Was ki ra re gyuss lir = i’m being embraced by the light
*Kata negatif, harus menggunakan kata “na” sebelumnya,
Contoh: yehah (happy); na yehah (unhappy)
-Source & reference: http://conlang.wikia.com/wiki/Hymmnos http://artonelico.wikia.com/
4.New Testament of Pastalie
Appears in: Ar Tonelico series
Used by: All Human, Reyvateil & machines in Metalfalss
Has it’s own alphabet: Using Hymmnos glyph
Has it’s own vocabulary: Yes
-Basic
My personal favorite, bahasa ini sebenarnya salah satu dialect dari bahasa hymmnos, yang digunakan oleh orang orang di daerah Metalfalss untuk mengakses server Infel Phira agar mendapat respon PING yang lebih cepat (kalo pake standart hymmnos koneksi nya lemot coy)
Gw membahas dialect ini di section yang berbeda karena grammar nya yang unik dan beda banget sama standart hymmnos
Bahasa ini diciptakan untuk mempercepat proses dan respon dari server Infel Pira, oleh karena itu satu kalimat biasanya sangat pendek
“Was yea ra chs hymmnos mea” dalam standart note, dan “cEze hymmnos/.” Dalam new testament mempunyai arti yang sama.
*Example sentence:
en harr w.n.s anw ovyu sechel sev maen olo/. = and she returned to ruins city at fullmoon night (from METHOD_IMPLANTA/.)
xO rre mLYOtOyOyO giz wOsLYI du giz/. = being dread to those who give birth to terror (from METHOD_REPLEKIA/.)
-Grammar
*New testament meniadakan Emotion Sounds dan menggantinya dengan Emotion Verbs
Contoh: hEmmErYE hymmnos/. (Aku dengan senang hati akan menyanyikan sebuah lagu)
hEmmErYE adalah Emotion Verb, yaitu gabungan dari Base Verb dan Emotion Vowel.
Base Verb nya adalah h.m.m.r (bernyanyi) yang diisi oleh Emotion Vowel di titik yang tersedia,
E (bahagia) & YE (kebahagiaanmu) adalah Emotion Vowel yang menunjukan perasaan si pembicara. Kekuatan Emotion Vowel berurut melemah dari kiri ke kanan, dari contoh diatas “hEmmErYE”, berarti “E” (kebahagiaan si pembicara) yang menjadi fokus kalimat dan lebih kuat daripada “YE” (kebahagiaan lawan bicara)
A = kekuatan, konsentrasi, berusaha; E = kebahagiaan, kenikmatan; I = kesakitan, ketakutan; U = kesedihan, kekhawatiran; O = kemarahan, dendam; N = Ketenangan.
*Penambahkan “Y” didepan digunakan untuk mengekspresikan perasaan pembicara pada lawan bicaranya dan menambahkan “LY” digunakan untuk mengekspresikan perasaan pembicara kepada dunia.
Contoh: YO (kemarahanmu), LYO (kemarahan/kegilaan dunia)
*Subject Definer, karena default subjek nya “aku”, digunakan partikel “x.” untuk mengganti subjek
Contoh: xE yorr hYEmEmArA/. (You sings happily)
*Untuk menggunakan subjek selain pronoun, digunakan partikel “rre”
xA rre hilmy hYEmEmArA/. (Hilmy sings happily)
Contoh dari lirik lagu METHOD_HYMME_GRANZERO=SPEAR/.
xE rre qvag kYIrLYO agan/. (the disaster descends again)
*Kata benda kepemilikan, kita tinggal menambahkan Emotion Vowel di depan noun
Ahymmnos (Laguku, yang kurasa biasa saja), Ehymmnos (Laguku, yang kurasa bahagia), YUhymmnos (Lagumu, yang kau rasa sedih) Ohymmnos_hilmy (Lagu milik hilmy, yang dia rasa benci)
*Untuk kepemilikan benda mati
zalez ale (suara airterjun)
*Passive Voice, tambahkan “eh” di akhir Emotion Verbs
xE rre hilmy fYUwrUn lyuma/. (Hilmy memeluk bintang) <- Active Voice
xE rre hilmy fYUwrUneh lyuma/. (hilmy dipeluk bintang)
*Desirative Form, menyatakan keinginan, tambahkan aye dibelakang Emotion Verb
xE rre hilmy fYUwrUnaye lyuma/. (hilmy akan/ingin memeluk bintang)
xE rre hilmy fYUwrUnehaye lyuma/. (hilmy akan/ingin dipeluk bintang)
*Kata negatif, tambahkan kata “zz” didepan noun atau verb
zz hYOmUmrU./ (tidak bernyanyi)
arhou (harapan) -> zz arhou (keputusasaan)
*Kata kerja sebagai subjek
xA harr hLYUmLYUmOrO eje/. (dia menyanyikan (isi) hatinya)
xA sorr kLYUvLYUr du qjyu/. (Lagunya merangkul orang orang)
Kita jadikan kalimat pertama sebagai subjek
xA harr hLYUmLYUmOrO kLYUvLYUr du qejyu./ (dia bernyanyi (dan nyanyiannya) merangkul orang orang)
xA harr h.m.m.r eje kLYUvLYUr du qejyu/. (Nyanyian hatinya merangkul orang orang)
Dalam contoh kedua, untuk menambahkan object “eje” kita harus menghilangkan Emotion Vowel dari h.m.m.r untuk menghindari misinformation dari kedua verb.
*Kata kerja sebagai objek
fEwrEn x. harr h.m.m.r eje (aku memeluk nyanyian hatinya)
*Kata kerja menjadi kata benda dengan partikel “-za”
Contoh dari lirik lagu METHOD_IMPLANTER/.
wYAfA za rYAfrm 1001 Atitia_qejyu en vYAsk yor/. (keinginanku adalah memperlihatkan kepadamu 1001 hati yang baik, sehingga kau bisa merasakannya)
*Xc=ABC -> XYZ/. (untuk menunjukan “kalau... sehingga....”)
Xc=hLYEmYEmArA -> cEzLYE hymmnos/. (kalau aku bernyanyi, aku menjadi lagu)
-Source: http://artonelico.wikia.com/ http://conlang.wikia.com/wiki/Hymmnos
Segitu dulu ya gan, 5-8 ntar gw bahas lain kali
-Source & reference: https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/ConLang
Comments
Post a Comment