Skip to main content

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1


Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1


Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini.

Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut.

Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat.

Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin.

Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot


Riviera, the Promised Land

Genre: RPG, Dating Sim



Ok,  pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama Ein, dan juga teman kerja nya Ledah. Mereka adalah Grim Angel yang di utus oleh Seven Magi untuk pergi ke Sprite World (a.k.a Riviera) dengan tujuan menghancurkannya. Ditengah perjalanan dari Asgard, penjaga Riviera,Ulrika menyerang Ein yang membuatnya hilang ingatan. Ulrika pun memutuskan untuk menempatkan Ein di Riviera agar Ein bisa belajar kehidupan para Sprite dan berharap Ein mengurungkan niatnya untuk menghancurkan dunia tersebut.

Story: 9/10. Gk usah dijelaskan lagi bos, story nya keren banget. Apalagi buat yang suka mitologi Norse.

Art: 8.5/10. Cg nya gk kuat behh

Gameplay: 9/10 Walaupun genre nya RPG, tpi ni game berbeda dari yang lain, unik. Turn based tapi elemen, cara serang dan target kita berubah ubah tergantung senjata yang kita pakai. Dan juga game ini bergenre dating sim, cewe yang kita bikin bahagia bakal jadi pasangan kita di ending.

Sound & Music: 9/10. Lo boleh nganggep gw berlebihan atau apalah. Tapi soundtrack game ini bener bener pas menurut gw. Remind me gw dulu pernah mainin game nya Cuma buat buka Sound Test terus dengerin sountdrack nya sambil tiduran.

Screenshot:



Riviera, the Promised Land ISO (485mb)
Download:

7th Dragon 2020

Genre: Turn-based RPG





Alasan gw menempatkan game ini di posisi kedua adalah: Hatsune Miku. Yep no further discussion.

Bercerita tentang post-apocaliptic tokyo yang hancur gegara serangan 7 naga legenda, dan sekarang para umat manusia harus membuat tempat penampungan dan melatih para manusia yang masih muda untuk melawan dan membasmi naga naga tersebut.

Sebenarnya story nya cukup simple, yang bikin seru adalah disaat ada karakter yang tiba tiba mati & tiba tiba headquarter diserang naga & tiba tiba ada sekelompok preman yang bilang kalau bos kita itu sebenarnya penipu dll. Plot twist yang kayak gitu yang bikin cerita berubah 180 derajat. I love it.

Story: 8/10.

Art: 8/10. Chibi & cool at the same time. Battle sprite nya unyu tapi pas ngomong jadi edgy.

Gameplay: 8.5 Turn-based, but abilities are so cool. Class & jobs nya beragam. Seperti samurai  yang berubah ubah dari Iai Stance ke Seathed Stance. Thief yang bisa bersembunyi dan nge counter temen kita yang sedang diserang. Enginner yang bisa ngebuff & ngekontrol enemy dll.

Soundtrack:9. Hatsune Miku, yep no further discussion. Semua soundtrack di game ini ada versi remix nya oleh Hatsune Miku.

Screenshot:




7th Dragon 2020 English ISO (419mb)
Download:


Sol Trigger

Genre: Turn based RPG, Dating Sim



Game ini yang bikin gw berpikir, why epic games like this or 7th dragon left untranslated? Game yang kaya gini harusnya dapet english localized. Ceritanya berkisah tentang Sol Trigger, suatu kelompok yang beranggotakan Child of Light yang dapat mengendalikan Sol, kekuatan dari dalam tubuh mereka. Child of Light sendiri adalah kaum yang terkucilkan dan diburu oleh pemerintahan manusia untuk dijadikan bahan bakar teknologi mereka. Sol Trigger menceritakan tentang rasisme dan hakikat kebebasan yang terinjak sehingga memaksa mereka untuk memberontak dan melawan pemerintahan.

Story: 8.5 Storry dibagi menjadi 2 arc. Arc pertama bercerita tentang Farell bersama teman temannya di Sol Trigger. Arc ke 2 bercerita tentang Lars yang meneruskan jejak ayahnya....

Art: 8 Art nya bagus terutama battle sprite nya.

Gameplay: 7.5. Lumayan bagus dan beragam disetiap karakternya. Semuanya mempunyai ability yang berbeda beda yang didapat dari senjata yang dipakai. Dan juga unsur dating sim yang lumayan dari pertengahan cerita.

Sound/Music: 7. Gk terlalu bekesan sih, but not bad at all.

Screenshot:




Sol Trigger English ISO (1gb)
Download:



The Legend of Heroes: Trails in the Sky (trilogy)

Genre: RPG



Satu hal yang paling berkesan buat gw dari game ini adalah: love story between brother and sister *cough* hey, it’s not incest if they aren’t blood related, right? Bercerita tentang dua kakak beradik Estelle dan Joshua yang berkelana mengelilingi dunia sebagai Bracer Guild: orang orang yang menjaga perdamaian dunia dan membantu orang yang membutuhkan. 

Dalam perjalanan, mereka melihat dan mempelajari sesuatu yang baru, politik, kejahatan, kemiskinan, corrupted nation, persahabatan, kekeluargaan dan hal hal lainya yang tidak akan didapatkan di kampung halaman mereka. Dan juga mereka mempelajari tentang cinta dan berusaha memahami perasaan masing masing. Dan masa lalu Joshua yang...... edgy af

Story:9. Of course. Konflik yang epik dikombinasikan dengan world building yang memukau

Art: 7.5. not bad but not very good

Gameplay: 8. Well i must say the battle system is really confusing at first. Mirip FFVII sih dengan ability dari stone yang dipakai.

Sound & Music: 7.5. Lupa gw musik nya kek gimana. Sometimes it’s really good, but sometimes it’s out of place.

Screenshot:


The Legend of Heroes: Trails in The Sky ISO (900mb)
Download:

Mana Khemia: Student Alliance

Genre: Turn-based RPG, Dating Sim



BUAT KALIAN yang baru lulus tahun ini dan kangen masa masa sekolah, mungkin bisa cobain game ini. Asal kalian tahu gw mainin game ini di masa masa sebelum UN. Game ini bikin gw berhenti di tengah jalan (3rd year) dan berteriak “Anjing bangsat gw gk mau lulus babi” dan berhenti main game ini selama 2 bulan. Bercerita tentang Vrayne, anak yatim piatu di sebuah hutan yang dibawa oleh kepala sekolah untuk belajar di sekolah nya. Everyday is REALLY FUN! Lu bisa ikut kelas dan milih pelajaran yang lo suka, klo nilai lo butut lo harus ikut kelas remedial dan gk ada waktu buat main main sama temen lo. Tapi klo nilai lo bagus lu jadi punya waktu senggang buat berpetualang, hang out, ataupun nge date sama kecengan lo. Di sekolah ini lo mempelajari ilmu alchemy, membuat senjata, mengumpulkan bahan dengan cara gardening, mancing, beat up some monster dll. Ataupun klo lo kehabisan duit lo bisa ngambil part-time quest di board dalam kantin buat bantuin orang mancing, nyelesain masalahnya, dapetin material atau membuat senjata dan baju yang susah dibuat.

And CHARACTERS, man the character yang bikin gw serasa ‘masuk’ dan bersekolah disana. Ada cewek energetic tapi punya penyakit akut, ada hantu yang kawaii baget asu yang gentayangan di sekolah selama berabad abad, ada senior yang gk lulus lulus, ada rival yang sok edgy, ada adik kelas yang terlalu ketat sama peraturan, ada half beast yang terlalu populer sampai dikejar kejar seantero sekolah, dan pasangan berandalan yang sok sok an ngambil peran villain padahal bego gk ketulungan xD

Story: 10/10 ini opini gw subjektif sih, ada orang yang nilai story nya rendah,but buat gw ini masih kurang, harusnya 11/10.

Art: 8.5/10 walaupun keliatan kek 8-bit, tapi battle nya lumayan smooth dan CG nya good

Gameplay: 9.5/10 lots to do beside battling. Membuat senjata dengan alchemy itu wajib klo character lo gk mau ketinggalan level. Dapetin nilai A itu wajib klo lo mau ngabisin waktu sama temen temen lo. Nyari bahan bukan Cuma dari monster, bisa juga dari mancing, mining, fruit gathering dll.

Music/Soundtrack:9/10. Alasan gw berenti sejenak main game ini pas semester 5 adalah: bagckground music yang di play setiap kali gw jalan jalan di area sekolah, bikin nostalgia dan nuansa ‘perpisahan’ nya bener bener terasa. Butuh dua bulan buat nenangin diri gw dan lanjut namatin ni game. Thumbs up for the composers.

Screenshot:



Mana Khemia: Student Alliance (481mb)
Download:


Lima aja dulu ya gan, nanti kapan kapan gw lanjutin , sebenarnya masih banyak game PSP bernuansa wibu, tapi author juga punya kehidupan yang harus dijalani. Kita akan bertemu kembali jika waktu mengizinkan *ceileh*

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.