Skip to main content

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana



*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain)

*Release Date: 25 November 2016

*Developer: Sweet & Tea

*Length: Medium

*Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy

“Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami”

[Story]

*Story writter: Yukihito

Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran yang kecil.

Tetapi suatu hari, diatas hamparan bunga yang luas, Shou melihat Haru mengeluarkan sayap putih, mengambil nyawa gadis yang di peluknya, menjadikanya bunga putih, setelah menanamkan bunga tersebut di antara hamparan bunga yang lainya, Haru berkata.

“Aku hidup di dunia selama ini dengan melakukan ini. Tetapi aku ingin terus hidup.... walaupun harus dibayar nyawa orang lain”

Shou pun menjawab

"Tidak peduli apa yang dunia paksakan padamu, tidak peduli apa berapa banyak orang yang tidak akan memaafkan mu, aku akan tetap berdoa agar dunia ini berakhir"
.
Well, that’s really fucked up summary, but anyway, pendapat gw storry nya bener bener heartwarming disini, ini kisah tentang kehilangan seseorang, mengambil nyawa orang yang sangat kamu cintai, kehilangan kepercayaan karena pernah dikhianati dan yang paling penting, tentang  menepati sebuah janji.
Tentang “keluarga”, tentang cinta, tentang janji yang tak bisa ditepati, tentang emosi yang terlupakan, tentang takdir yang tak terelakan dan tentang dunia yang hanya mengenal rasa sakit, penyesalan dan keputusasaan. Dan cukup, itu kebanyakan.

But, seriously, ceritanya bener bener menyentuh dan bikin mewek, apalagi ending nya yang bittersweet, setelah perjalanan rasa sakit yang panjang akhirnya mereka menemukan kebahagian.

Cuma itu yang bisa gw katakan karena cerita nya emang bener bener kompleks tetapi juga linear, salah sedikit kata aja disini bisa jadi spoiler, diawal awal cerita juga udah banyak surprise dan misteri, tapi seiring waktu nanti juga terjelaskan.

Narasi si MC juga bukan orang dodol yang gk tau apa apa, malah lebih banyak tau dari shinigami itu sendiri, alasan si MC datang ke desa itu dan asal nya darimana juga di awal awal masih misterius tapi di selama cerita ntar juga dijelaskan, bagaimana beban berat dan penderitaan si MC.

Oh dan buat rute heroein, klo bleh jujur, it's shit really, interaksi lovey dovey sama heroine cuma saat kita "menyelamatkanya" dan setelah itu kita balik lagi ke main story, dan interaksi kita sama heroine route tersebut kembali seperti biasa seperti tidak terjadi apa apa sampe akhir cerita, yang berbeda cuma saat epilog masing masing heroine yang hanya berdurasi sekitar 2 jam, bahkan 1 jam klo h scene nya di skip. Buat yang suka romance jgn berharap banyak romance disini.

VN ini hampir sama kayak kinetic novel (semacam Nekopara) dan bedanya kita bisa milih heroine, tapi main story gk akan berubah sedikit pun.

Oh dan juga alur nya maju mundur, dan juga banyak flashback yg kepotong potong, yang nyeritain bagaimana awal mereka menjadi sebuah keluarga (non-blood related).


[Character]
Ada 4 heroine di VN ini diantaranya:


*Haru




Haru adalah anak tengah dari 3 saudarinya dan juga sekaligus "pemimpin" restoran tersebut, kepribadianya baik, murah senyum dan suka menolong, tetapi di balik itu semua ada ketakutan akan kehilangan orang yang dia cintai, dan bertentangan dengan itu semua, dia juga memiliki janji yang harus ditepatinya, walaupun harus mengambil nyawa orang lain, dia harus tetap hidup untuk menepati janjinya kepada orang yang paling dia cintai. Itulah yang membuat tubuh, pikiran dan hatinya menjadi rusak dan tidak bisa menahan kekuatan "shinigaminya"
Terlepas dari beban nya, kepribadian haru cukup menarik, dia tidak akan menyesal untuk mengambil nyawa orang lain karena itu adalah "tugas" yang "dunia" berikan kepadanya.
Dan juga dia orang nya ngantukan, bangun tidur bisa jam 10 pagi padahal yang lain sibuk nyiapin restoran, saat di jalan pun dia bisa tidur tiba tiba sambil berdiri dan membuat kedua saudari nya kerepotan, tpi udah terbiasa sih. Not to mention dia True main heroine, karena menurut gw alur ceritanya memang cocok sama si MC. Walaupun di VN ini gk ada true end.

*Kotose




Kotose nee-chan ^_^ the first heroine yang gw ikkeh *ehem*, dia punya kepribadian tsundere + deredere, tsundere tpi gk terlalu ekstrim dan lebih banyak malu malu, dan saat gw jailin dia malah natap kita dengan tatapan jijik dan malah ngehina gw, tatapan jijik nya bikin jiwa masokis gw keluar aaaaarrghh *anjing*
ok ehem btw, terlepas dari semua itu karena dia yg tertua diantara kedua saudarinya jadi dia merasa punya tanggung jawab untuk melindungi mereka, walaupun harus mengambil nyawa orang lain, dia harus tetap hidup agar bisa melindungi keluarganya, dia tidak bisa menunjukan rasa menyesal atau bersedih karena menjadi shinigami, dia harus tetap tegar didepan kedua keluarganya, tapi setelah berjalanya waktu, emosi "kesedihan" yang sudah dia "supress" bertahun tahun itu membuat dia lupa apa itu "kesedihan" itu sendiri dan tidak bisa merasakan "kenyamanan", itu yang membuat tubuh, pikiran dan hatinya menjadi hancur dan gk bisa menahan kekuaatan "shinigaminya". Dan tugas kita adalah membuat kotose mengingat kembali apa itu "rasa sedih". Kita tidak boleh melupakan apa itu "kesedihan" karena dengan melupakan rasa sedih kita tidak bisa merasakan apa itu "kesenangan" *ceileh*

*Yukina




Yukina adalah cwe termuda diantara kedua saudarinya, kepribadianya selalu ceria, selalu tersenyum, dan suka jail, bahkan kita berdua suka bekerja sama buat ngejailin kotose saMpe sampe dimarahin si Haru wkwkwkw. tetapi dibalik senyum nya itu dia mempunyai trauma yang membuat dia tidak mempercayai orang lain dan diantara ke 2 saudarinya, dia yang paling menyayangi "ibu" nya, dan saat ada orang yang dekat dengannya dan menganggap nya sebagai anak, dia tetap tidak ingin mempercayainya apalagi menganggap orang itu sebagai "ibu" nya.

sampai saat terakhir,

dimana dia mengganggap orang itu sebagai "ibu",

mempuyai seseorang yang menyayanginya,

...melindunginya,

Menganggap dirinya sebagai seorang anak,

Dia harus kehilangan orang yang sangat dia cintai,

...lagi

Dengan kekuatannya sendiri,

Dengan tanganya sendiri,

Dia menghilangkan nyawa orang yang dia panggil "ibu",

...lagi

Kepercayaanya dikhianati,

Entah untuk yang kesekian kalinya.

*hiks*
Oke cukup bapernya.

*Ren




Untuk ren gw gk bisa ngomong banyak, karena gw blom mainin routenya. Tpi dia adalah loli yang selalu menyayangi kakak kakanya dan selalu membantu si MC buat nyelamatin ketiga heroine diatas.


[Art/Grapichs]
*Artist: Ameto Yuki


Gorgeous, Grapich, Art maupun effect, semuanya georgeus, beutiful, atmosphere fantasy nya kerasa, atmosphere kota yang tidak dikenal juga terasa, atmosphere “dunia yang penuh dengan hamparan bunga” nya terlalu beutiful.

CG nya juga gk kalah bagus, CG perkarakter membuat kita mengenal jauh lebih dalam karakter per heroine, dan saat sad scene di barengi CG mewek mewekan bikin gw baper setengah mampus.

Untuk Art stylenya mungkin gw bakal jadi fans Ameto Yuki, semua karakter moe nya pas bikin diabetes dan gk terlalau moe ampe bikin jijik.

Dan untuk H-scene, buat quality nya gw Cuma bisa bilang “MANTAP”! Tpi sayangnya untuk quantity gw berasa kurang, in fact, ini pertama kalinya gw main eroge dan merasa h-scene nya kurang banyak.

Oh, dan juga setelah tamat bakal ada stand mode, dimana kita bisa memodifikasi para karakter untuk sekedar di liatin ataupun dijadikan wallpaper.


[Soundtrack/Music & Voice]
*Composer: Mizuki Niito

Untuk soundtrack nya lumyan, lumayan buat soundtrack happy scenenya, tpi buat soundtrack sad scenenya bener bener bagus banget. Soundtrack pas sad scene nya bisa bikin gw mewek, apalagi soundtrack pas endingnya, saat kamu menyadari beban kamu terlapas dan kamu tidak sendirian di dunia ini, itu dengerin soundtracknya aja bisa bikin mata gw berkaca kaca.

Untuk opening dan ending, opening nya pas pertama dengerin biasa aja, pas diulangi beberapa kali ehh jadi suka xD dan ending nya bener bener pas sama scen endingnya sendiri.

Dan untuk voicenya, tangisan dan jeritan rasa sakitnya terasa, tangisan kehilangan, tangisan kebahagiaan dll dan dibarengi oleh soundtrack baper, nangis nangis dah lu.

Oh dan juga voce saat h-scene nya sukses bikin gw sagne.

Dan yang paling gw suka, saat h-scene, saat bagian si MC ataupun narasi, akan ada background voice desahan si cwe jadi atsmosphere lagi ikkeh nya gk ilang hehehe.

[Pros & Cons]

*[Pros]
*Drama nya the best
*Stunning Soundtrack
*Gorgeous Art and CG
*Setiap heroine punya konflik batin tersendiri, dan mempunyai kelebihan dan kekurangan.
*Penyelesaian setiap konfliknya bener bener beautiful.
*Bittersweet ending.
*Ada CG mode, Scene mode, Sound mode, dan Stand mode.
*Lore nya keren.
*H-scene bikin sagne

*[Cons]
*Route setiap heroine gk berasa.
*ceritanya pendek karena gk ada cerita khusus route tersebut
*well, itu aja kali ya? Gw gk bisa nyari kekuranganya lagi.


{Bonus Though}

***Spoiler***
.
.
.
Bebicara tentang si MC, si MC menurut gw bener bener udah “broken” dari awal.
“Harus tetap hidup demi menepati janji” nya Haru.
“Bertnaggung jawab untuk melindungi keluarganya” nya Kotose.
“Dikhianati dan ditinggalkan oleh keluarganya” nya Yukina.
Semua itu pernah dialami oleh si MC dan masih membekas sampai sekarang.
Dan lebih parahnya lagi,
Walaupun hal yang paling berharga buat dia sudah diambil,
Walaupun hal yang paling berharga itu tidak akan pernah bisa mengingatnya lagi,
Walau harus menghilang dari ingatan semua orang,
Dia tetap harus melindungi dan menyelamatkan hal yang paling berharga baginya.
Dan diakhir dia tidak bisa menahan beban dan rasa sakit itu dan berencana untuk mengakhiri semuanya....
.
.
.
***Spoiler End***

[Final Though]
Buat yang suka drama mewek mewekan, konflik batin dan penderitaan, kalian bisa nyobain VN ini.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.