Skip to main content

[Visual Novel Review] Summer Pockets (JP) V2


 

 

Summer Pockets Review

*Judul: Summer Pockets


*Release Date: 29 Juni 2018 (jp), 6 Februari 2020 (en)


*Developer: Visual Arts/Key


*Publisher: Key (jp), Alka Translations (en) & Visual Arts


*Length: Long (30-50 jam)


*Genre & Theme: Life & Death Drama, Romance, Slice of Life, Adventure, Time Travel, Time Loop,  Friendship, Family, Childhood, Nakige, Summer


*Sexual Content: No


[Note: Ini review gw bikin berdasarkan versi rilisan jepang. Dikarenakan keterbatasan kemampuan gw dalam bahasa jepang, jikalau ada kesalahan ataupun kekurangan mohon dikoreksi.]


[Story]

Para penduduk pulau Toshirojima

 


Takahara Hairi, datang ke pulau Torishirojima untuk menghabiskan liburan musim panas nya untuk membantu bibi nya membersihkan gudang nenek mereka yang baru saja meninggal. Namun sebenarnya, itu hanyalah sebuah alasan untuk kabur dari trauma yang menimpanya di kota asalnya. 


Awalnya dia hanya ingin menghilangkan beban yang ada pada dirinya dengan bermain main di pulau tersebut. Namun ternyata, liburan musim panas kali ini, menjadi liburan yang tak terlupakan yang pernah terjadi pada hidupnya.


Oke, sinopsis nya itu aja, sekarang sesi penilaian subjektif gw. Dari sinopsis di atas, gw menaruh banyak harapan ke VN ini. Apalagi ini VN dari Key, perusahaan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta anime “mewek mewekan”. 


And to be honest, ini VN pertama dari Key yang gw mainin, sementara karya Key yang lain gw Cuma nonton animenya doang (Angel Beats, Clannad, Little Buster dll). 

Dan ya, VN ini punya ‘vibe’ yang ‘key-ish’ banget, Dissapearance, Life & Death Drama, Family Drama, Friendship Drama adalah hal yang  sangat lumrah disini.

 

[Characters]



Di VN ini ada 4 heroine dan 7 ending. 1 bad end, 4 route end dari masing masing heroine, 1 ‘Alka’ end (gatau gw nyebutnya apaan dah ni) dan 1 True End.



*Sorakado Ao

 


Saat Hairi sedang berjalan jalan menelusuri pulau, dia menemukan Ao yang sedang tertidur lelap di bawah pohon rindang, ditemani oleh rubah berwarna biru disampingnya.


Ao adalah cewe yang clumsy dan juga punya tsukkomi ‘vibe’. Dia bekerja sampingan di warung kecil, tetapi saat menjaga warung, dia lebih sering tidur xD Dia juga sering menemani anak anak kecil bermain ‘teasure hunter’ dimana para anak anak mencari benda yang langka dan Ao bakal menilai harga dari barang tersebut. Tipe cewe yang punya banyak teman, bisa berteman dengan siapapun dan disukai banyak orang. Tetapi kenyataan tak seindah perkataan.


Dan juga ni cewe sangean, pernah suatu ketika Hairi meluk dia buat ngilangin rasa kantuknya, tetapi si Ao malah ngira dia mau ngapa ngapain. Pas si Hairi nganter dia pulang, si Ao malah salah paham ngira mereka bakal ‘ehem ehem’ wkwkw.




Yah walaupun begitu, dia bukan cewe yang gampangan kok. Hairi udah nembak dia berkali kali, nge kiss dia, bantuin dia berkali kali, masih belum diterima juga xD. Di rute ini juga kuantitas Romance Drama nya lebih banyak dari rute yang lain.



Nurut Juga Akhirnya



Menurut gw rute ini cukup menarik, dimana rute ini bakal mengungkap misteri dari kupu kupu misterius. Rute ini lebih fokus ke romance dimana si Hairi nya yang agresif xD.



*Tsumugi Wenders

 


Cewe periang, yang ramah dan suka menolong, suka bermain, gampang akrab dengan siapapun, easy going, dan bahagia setiap saat (bahkan di saat terakhirnya pun dia tetap bahagia :( )


Hairi bertemu Tsumugi di lighthouse yang sudah tak terpakai. Disana, dia sedang menyanyikan sebuah lagu yang asing di atas atap. Dia lalu berteman dengan ketua OSIS yang kebetulan mampir ke lighthouse juga. Ketiganya menjadi sahabat dan sering menghabiskan waktu bersama untuk mencari arti sebenarnya dari liburan musim panas ini.


Di rute ini, Tsumugi, sama seperti Hairi, ingin menemukan hal yang ingin mereka lakukan di liburan musim panas ini. Dan selagi mencari hal itu, mereka bersenang senang, dan tidak terasa liburan musim panas tinggal beberapa minggu lagi. Dan di saat itu, mereka akhirnya menemukan hal yang ingin mereka lakukan, yaitu menghabiskan waktu bersama tiap hari, bersenang senang bersama teman tiap hari, dan membuat kenangan yang tak terlupakan. Dan identitas sebenarnya dari Tsumugi pun akan terungkap.


Tsumugi sebenarnya adalah Spirited Away (red. roh) yang terlahir untuk menggantikan Tsumugi Wenders yang asli, yang menghilang seratus tahun yang lalu, dan juga sahabat dari nenek nya Hairi. Selama seratus tahun, dia menunggu teman baiknya itu untuk kembali.


Dan musim panas kali ini, adalah musim panas yang terakhir untuknya sebelum dia pergi kembali ke keberadaan Tsumugi Wenders yang asli. Hairi, Shizuku dan teman teman yang  lainya pun membantu Tsumugi untuk membuat kenangan yang tak terlupakan :( mereka merayakan hari tahun baru, hari natal, hari valentine, festival, dan hari ulang tahunnya di sisa musim panas yang singkat, , agar di saat perpisahan mereka, mereka bisa berpisah dengan bahagia :(




Rute ini, well, cukup bagus. Romance antara si Hairi dan Tsumugi kurang kerasa sih, soalnya ni rute fokus nya ke persahabatan. Plot twist nya lumayan dan cukup membingungkan, tapi karena ending nya udah bisa kita tebak, gw Cuma nangis dikit di bagian akhir.



Hiks


*Kushima Kamome

 


My personal favorite, seorang ojou-sama, yang sama seperti Hairi, bukanlah seorang penduduk lokal. Dia hanya datang pada saat musim panas ini untuk mencari harta karun dari masa kecilnya, yang di sembunyikan oleh dia dan teman teman nya pada masa kanak kanak.


My first impression, well, dia cewe yang aneh & misterius. Di saat pertama kali bertemu dengan Hairi, dia langsung mengetahui nama Hairi, padahal Hairi gk inget pernah bertemu dengannya. Dan juga dia membawa koper kemana pun dia pergi.

Personality wise, dia punya ojou-sama vibe yang kuat, tetapi juga sisi kekanak kanakan, a bit an airhead, dan suka nyuruh hairi untuk ngedorong kopernya. Tetapi saat dia menyebabkan Hairi terluka, dia langsung menghabiskan hari hari nya untuk mengurus Hairi, hingga Hairi sembuh total.

Shuppa~atsu!!



Di rute Kamome ini, kita bakal membantu dia untuk mencari 5 kunci yang dulunya pernah dia dan teman temannya sembunyikan di tempat yang berbeda, untuk mencari peta harta karun dari kapal bajak laut yang terdampar. Dan liburan musim panas yang biasa pun berubah menjadi petualangan musim panas yang menyenangkan, sama seperti musim panas yang kita rasakan saat masih kanak kanak (satu satu nya alasan kenapa gw kasih genre Adventure & Childhood buat ni VN).


Tetapi, kenyataan tidak seindah itu..


Well, Rute ini ngasih Plot Twist yang bikin gw kaget banget, pas si Kamome inget kenangan masa kecilnya, tiba-tiba dia menghilang tepat di depan mata gw, reflek lah gw membeku kebingungan.


Kenangan Kamome di masa lalu, masa masa dia berpetualang dengan 4 teman lainya pun penuh kepalsuan, saat mengetahui hal ini, Hairi yang udah terlanjur jatuh cinta dengan Kamome, ingin mewujudkan keinginan Kamome yang gk kesampaian semasa hidupnya, sebelum Kamome benar benar menghilang :(.




To be honest, ini rute favorit gw setelah rute Alka, dimana drama, romance, persabatan, semuanya kerasa. Plot twist nya juga gk terduga (maybe because this is the first route i take). Dan dibandingkan rute yang lain, peran si Hairi bener bener besar disini. Pas si Kamome menghilang, dia nyari tau sendiri asal usul dia, dan bertekad ingin mewujudkan mimpinya walaupun gk tahu bakal ketemu lagi apa engga. Ending nya sedikit gantung sih.



Okay Next.



*Naruse Shiroha



True Heroine yang punya 3 Rute (well of course, she’s true heroine after all). Dia cewe pendiam dan jarang bermain dengan yang lain. Musim panas nya dia habiskan dengan memancing di tepi pantai dan juga belajar berenang, dan saat itulah dia bertemu Hairi. Hairi semakin sering bertemu dengan Shiroha dan menjadi dekat dengnnya. Namun setelah mereka makin dekat, Shiroha berkata kepada Hairi untuk menjauhinya, karena dia mempunyai ‘kutukan’ yang membuatnya bisa melihat masa depan orang disekitanya. Dan dia juga mengatakan bahwa dia melihat masa depan dimana dia akan mati di musim panas ini bersama Hairi. Jikalau Hairi terus bersamanya mereka berdua akan mati bersama, Shiroha pun memutuskan untuk mati sendirian agar tidak merepotkan orang lain.


Tentu saja Hairi menentang hal itu, dia ingin mencari cara untuk menyelamatkan Shiroha dari kematiannya.

Akward moment, nembak pas mau berangkat. Pas udah berangkat, kapalnya malah balik lagi.



Itu aja sih di Normal Rute nya, sekarang gw bakal bahas Alka Rute nya.

Alka Rute nya ini mirip Clannad banget coy. Family vibe nya bener bener kerasa disini. Di rute ini, Umi ngerasa sedih karena ayahnya sibuk bekerja dan merasa dia sudah dicampakkan, yang membuat dia akhirnya kabur ke pulau ini. Hairi pun ingin membantu nya merasakan kehangatan keluarga. Dia akhirnya meminta Shiroha untuk memainkan peran ibu untuk Umi, sementara Hairi memerankan peran ayah. Hari hari mereka bertiga habiskan dengan berkumpul dan bermain layaknya sebuah keluarga, dari mulai piknik, membuat origami, menangkap serangga, berenang sampai makan siang pun mereka lakukan bersama.

Damn~, This is really warmed my heart.



 Well, kalian mungkin sudah bisa nebak endingnya bakal Sad End. Sad End nya gk tanggung tanggung sedih banget, pake banget. Rute ini sebenarnya adalah ‘time loop’ dari tragedi yang terus menerus terulang di masa depan.

Untuk True End gk bakal gw bahas banyak banyak, spoiler berlebih tidak bagus untuk tubuh kalian.


Yang jelas rute True end ini bisa dibilang penutup dari Rute Alka. Umi-chan yang dari masa depan kembali ke masa lalu untuk menghentikan ‘time loop’ berkepanjangan dengan cara mencegah Shiroha untuk membangkitkan ‘kutukan’ nya.

Tapi ya, ada bayaran yang setimpal juga untuk hal itu...

Ending nya bangsat emang, lebih ke bittersweet daripada sad end, tpi tetep aja gw mewek :(


 
Berharap Mereka berbalik dan berkata "Kimi no, namae wa~"


[Art/Grapichs]


Art style nya Key banget sih, dan itu adalah hal yang positif. Gw suka banget sama CG nya, dan bahkan sebagian ada yang cocok untuk wallpaper desktop.

Untuk Background CG menurut gw udah good, nuansa pulau dan musim panasnya dapet, atmosfer nya kerasa.

Character Sprite nya juga lumayan beragam dan cukup sukses menampilkan karakter, emosi dan perasaan yang sedah di ungkapkan.

Bahas apalagi ya, pokoknya mah ini Art Style nya Key yang sudah pasti bagus dan gk usah dipertanyakan lagi.



[Sound/Music]


Yang ini juga gk usah dipertanyakan lagi, semuannya enak di denger, Jun Maeda & kawan kawan suksek bikin soundtrack yang bisa bikin baper, bisa bikin happy, heartwarming, nuansa kehilangan, semuanya dapet disini. Rating 11/10 dah dari gw.

Opening, Ending dan Insert Song nya pun catchy.

Soundtrack nya gila ngena banget, sampe sampe dari yang versi original, official arrange, piano cover, live orchestra semuanya gw dengerin xD



[Final Thoughts]



Damn, what wonderful VN, sukses bikin perasaan gw campur aduk antara sedih, happy, nostalgia, heartwarm, dll.

Gw Gk bisa bandingin ini sama VN buatan Key yang lain entah lebih bagus atau lebih buruk, karena gw belum mainin yang lain, dan ini first Key VN that i ever played.

Tapi buat kalian yang suka sama anime Clannad, Angel Beats, Little Buster, Air dll. Pasti bakal suka sama VN ini.

Intinya cobain aja sih sendiri gan, gw udah sediakan sinopsis cerita nya diatas (bersama dengan spoiler yang berserakan)


Comments

  1. gatau nih, u mencegah spoiler atau salah paham bro tapi karena miss info di true end jadi wa anggep salah paham
    bantu lurusin,
    (HEAVY SPOILER WARNING)
    - alka route itu umi route
    - summer pocket yg kita baca itu, hasil time paradox umi dari masa depan karena ingin ketemu ibu kandung yang meninggal sejak dia lahir, yaitu shiroha. ayah kandungnya adalah hairi, hairi sejak shiroha meninggal sangat keras ke umi, tidak perhatian dll, hasilnya umi somehow punya power untuk kembali ke masa lalu (karena turunan shiroha) untuk bersenang senang bersama ayah dan ibu kandung. bisa di notice tiap selesai route suara personality umi berubah. alka route itu adalah kesempatan time loop umi yang terakhir
    sebelum gamenya dimulai, umi sudah melakukan banyak loop endless summer, itu alasan hairi di awal game ada mention "walau pertama kali ke pulau ini tapi nanka natsukashii"
    true end itu umi bukan menghentikan time loop. karena time loopnya kan umi punya.
    tapi umi menghentikan shiroha mendapatkan kekuatan yang efek sampingnya memperpendek umur shiroha.
    setelah shiroha tidak mendapatkan kekuatan artinya umi itu tidak pernah lahir, itu mengapa umi menghilang.
    source information buat yang sedikit complicated : summer pockets official fan book QnA section

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah sempet mampir & komen :D

      first of all,

      -Rute alka masih termasuk rute shiroha, cerita nya fokus kepada konflik 2 character (3 kalo protagonis di itung) yang saling berhubungan, tapi heroine nya masih shiroha dan bukan umi
      itu lah kenapa di versi reflection blue, mereka(Key) ngomong nya bakal nambahin rute nya umi, yang berarti di versi original rute umi emang blum ada
      -ya bro gwa juga sepahaman sama u pas nangkep cerita-nya, review pas bagian itu gw bikin sesimpel simpel nya supaya gk spoiler tetapi juga harus harus menarik org yang baca,
      well, emang salah gwa juga sih, terlalu di bikin simple sampe nge alter cerita cerita sampe salah paham hehehe

      But, there's something that bugging me,

      lu bilang pas shiroha gk mendapatkan kekuaatannya (gw nyebutnya kutukan), umur nya shiroha jadi memendek?

      Really? gwa baru pertama dengernya

      ahh fuck, i can't even remember, kutukan si shiroha itu kayak gimana

      dah lama dan mulai lupa



      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.