Skip to main content

[Eroge Review] Nekopara




[Eroge Review]


                                                   
Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini. 

Ok, let's get started

[Judul: Nekopara]

[Genre: Comedy, drama, slice of life]                                     

Note: Review cuma sampai vol 2.

[Story]

Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya.

Ok, it's really worst summary.

Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.
Dan dari sini mereka hidup berdamping menjalankan sebuah toko permen kue.
Story nya emang kerasa boring, tpi ya setelah berlanjut drama nya makin keliatan walaupun gk terlalu nge impact.
Not to mention, di game ini gk ada route ataupun multiple ending, dan gk ada interaksi player, ceritanya straightforward dan cukup pencet enter.

Karena masih vol 2, gw bakal bahas catgirl yg bisa dientod saja.



*Chocola

1st of the two main heroine in vol 1. Bersama kembaran nya Vanilla dia menguntit si mc yg pergi dari rumah dan gk ingin jauh jauh dari si mc. Dia cukup easygoing dan dengan lantang nya menyatakan cinta pada si mc dari awal awal game. Dan dia juga catgirl pertama yang kita entod


*Vanilla

2nd of 1st vol heroine, dia
kembaranya Chocola, berbeda dgn Chocola yg easygoing, Vanilla ini cukup pendiam atau bisa dibilang calm gk banyak ngomong tapi sekalinya ngomong nyelekit. Dia juga suka jail dan mulai suka nge tease si mc. Walaupun begitu, Vanilla gk terlalu suka ngomongin diri sendiri, dia lebih suka ngomongin orang lain jailin orang lain. Dia juga ngikutin si mc karena ajakan Chocola, tpi lama lama dia mulai suka sama si mc.


*Azuki




1st heroine di vol 2. Azuki adalah catgirl tertua dibandingkan ke 6 catgirl lainya. Walaupun begitu tubuh nya terbilang pendek dan kecil dan juga tepos. Oleh karena itu dia yang paling bertanggung jawab kalau ada kesalahan catgirl lain dan juga bertugas mengawasi, membimbing dan menasehati catgirl lain di saat tidak ada orang dirumah. Dan karena itu, kalau dia punya masalah dia gk bisa memperlihatkan muka bersedihnya dan harus tetap tegar di depan adik adiknya. Dan untung lah si mc sadar akan hal itu dan menawarkan bantuan tangan pada Azuki


*Coconut
 





2nd heroine of vol 2. Dia posture nya paling tinggi dari yg lain, walaupun begitu dia catgirl paling muda (selain Chocola dan Vanilla) di keluarga ini. Postur tubuh yg besar (dan sexy) inilah yg membuat dia berpikir dia harus bersifat dewasa walaupun harus menjadi orang lain, si mc sadar akan hal itu dan memberi nasihat agar ‘menjadi diri sendiri’


[Graphic/Art]
 
Yg membuat nilai plus di Nekopara mungkin graphic nya xD berbeda dengan VN lain yg memakai GC statis, game ini memakai sistem yg disebut E-mote di mana karakter nya bergerak dan gk statis, oleh karena itu game ini membutuhkan graphic card yg mumpuni.

Well, membahas tentang H scene, H scen di sini benar benar glorious Karena karakter nya bergerak dan voice nya juga pas dengan pergerakan saat ngentod.

Despite being good, hal yg paling ngeselin adalah ngentod nya lama amat fak :'( bahkan sampe 4 kali ganti posisi, dan satu lagi, di game ini gk ada yg namanya 'private sex', setiap ngentod pasti aja di temenin sama catgirl lain, ini yg buat gw risih, mana enak ngentod diliatin terus, jaga privasi lah.
Kalo mau ikutan ikutan ikutan aja jgn bengong begitu >:(

Well, untuk masalah art, art nya moe kekinian dan gk jadul, proporsi matanya pas dan gk kegedean kek anime moe jaman dulu.


[Sound/Music]

Perlu diketahui soundtrack vol 1 dan vol 2 itu berbeda, dan opening nya men, kawaii ne?
Untuk soundtrack nya sendiri cukup bagus, piano arrange nya ngena banget dan violin arrange nya bikin terharu apalagi pas ending vol 1 :'(
Soundtrack saat H scene nya juga pas dan gk bikin gw ketakutan.


[Pros & Cons]


^Pros
-Graphic nya the best
-Art moe nya gk berlebihan
-E-mote sistem
-Opening track nya bikin ajep ajep
-Cerita nya straightforward
-Catgirl, menpunyai personality masing masing
-CG mode, replay mode dan sound mode
-gk perlu mikirin route atau ending
-good h scene berasa nonton hentai

^Cons
-gk ada plot twist
-gk ada multiple ending
-kurang interaksi player
-low spec gk compatible
-h scene nya lama  
-gk bisa ngentod berdua

[Final though]

Ya, inti nya ni game cuma cocok buat orang yg pengen main eroge cuma buat bacol atau kalian adalah seorang neko lovers :) jangan mengharapkan element dating sims disini karena disini kalian gk bisa milih cwe, dan terpaksa harus polygamy.
Buat kalian yg suka romance yang kental dan drama yang haru gw rasa VN ini gk cocok buat kalian.
Tpi kalo kalian lagi kesusahan nyari bahan bacol, game ini sangat direkomendasikan :)

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama