Skip to main content

[Eroge Review] Hana no No ni Saku Utakata no



[Eroge Review]

All Main Heroine


Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah namatin visual novel yg epic ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.            

Ok fuck it let's get started.

[Judul: Hana no No ni Saku Utakata no (lit, the sweet world of the ephemeral)]
[Developer: Applique (thank you for making this amazing game)]
[Release Date: 2015-03-27]
[Genre: Drama, Supernatural]

*[Story]
[Story Writter: Kizuki]
Story nya sekilas mirip Anohana, cerita dimulai ketika si mc disuruh minggat dari rumah oleh ortu buat belajar hidup sendiri, and guest what, rumah yg kita tinggalin itu ternyata berhantu, dari sini kejadian supernatural dimulai dan si mc ketakutan pengen balik lagi ke bokap nya, but then, si hantu menampakan diri sebagai cewek cantik yang membuat kita kepincut (ceileh)

Sekilas emang keliatan mainstream, tpi di semakin jauh cerita nya akan semakin komplek dan dramanya makin kerasa.
Disini si mc punya kekuatan yaitu bisa melihat 'warna' dari orang orang yg lewat.         

Story ini lah yg bikin gw penasaran dan memainkan game ini dan well hasil nya worth of the time, drama nya kerasa membuat gw pengen nangis, action nya kerasa membuat gw berdebar-debar, misteri nya kerasa membuat gw penasaran, romance nya kerasa membuat gw sagne, pokoknya recommended deh buat yg suka drama xD

Not to mention, di game ini ada 5 heroine dan 7 ending, berikut listna:

*Yakushi Ryouko [kouhai]



Kalo kamu punya fetish di panggil senpai pas lagi ngentod kamu pasti pilih route ini. Sayang nya route ini drama nya kurang kerasa sehingga gw bilang ini 'safe route' karena gk ada kejadian supernatural, hanya cium ngentod senpai dan kegiatan sehari hari. Ryouko kerja sampingan di restoran tempat si mc biasa hangout.
personality cwe ini bisa dibilang nothing special, typical 'arigatou gozaimas sempai' and something like that.

*Inoue Reina (childhood friend)





Ahh reina, first route that i pick. Gw pilih reina karena dia tsundere dan
di awal dia keliatan udah suka sama si mc, tpi ni cwe suka mukul lol, di mana biasanya tsundere mengelak pake kata, ini mengelak pake jotos xD
Route ini juga drama nya kerasa, walaupun supernatural nya masih dikit dan malah nonjolin masalah keluarga reina dan terungkap alasan kenapa bokap si mc nyuruh si mc pindah ke rumah kosong.

*Kasasagi Shizuku




Shizuku adalah ketua osis dan senpai di sekolah kita.
Fyi, shizuku route yg pertama gw tamatin dan it's worth it. Drama nya paling kerasa dibanding kedua heroine diatas (hampir mewek w)
Dia terobsesi sama hal hal yg berbau supernatural karena masa lalunya. Route ini punya 3 ending, yg pertama 'bad ending' dimana si mc gk ngegaet cwe satupun xD yg kedua 'normal ending' dimana kita ngehentiin obsesi nya dan 'true ending' dimana kita ngebantuin ambisinya (ini yg bikin gw mewek)

*Fujimiya Shione (childhood friend)




Shione menurut gw adalah secondary main heroine karena untuk mencapai true ending kalian harus mainin route ini terlebih dahulu. Gk banyak yg bisa gw tulis tentang shione karena gw kurang tertarik juga xD dan drama nya juga kurang mengena. Tapi kalo kalian suka cwe dandere yang pemalu atau kikuk kalian boleh coba rute ini.

*Ouka (hantu)




The true main heroine is here. Gw gk bakal ngomong banyak karena nanti bakal spoiler berat xD yg pasti route ini punya 2 ending yaitu 'normal ending' dan 'true ending' (dua duanya bikin gw mewek) Dan route ouka juga route yang terpanjang di game ini Ouka personality bisa dibilang komplek, dia pinter bisa baca situasi, dia juga lumayan kikuk, dan juga tukang jail (dia awal awal kita ditipu sama dia ampe sakit hati awokwokwok)
Route ini drama nya paling kerasa, kekuatan mc bakal terungkap dan asal ouka juga bakal terungkap (kali gk main rote ini bakal nyesel deh)
Dan juga route ouka punya dua bagian, bagian pertama dimainin secara biasa dan setelah tamat, title screen bakal berubah dan kalian bisa lanjut ke bagian ke dua dari sana.

*Graphic/Art
 [Artist: Odawara Hakone]

Art nya menurut gw cukup bagus, gk terlalu moe dan gk terlalu seinen juga, CG nya juga bagus dan cocok buat di jadiin wallpaper xD dan juga game ini gk terlalu berat dan bisa dimainin di low spec machine. Dan buat H scene nya, berbeda dengan nekopara yg cg nya bergerak gerak, CG disini bisa dibilang statis, sensor nya juga lumayan gk berlebihan dan cocok buat bahan bacol.
H scene nya juga gk di buat buat kek pas pulang sekolah tiba tiba ngentod, ada cerita tersendiri yang membuat mereka melakukan hal tersebut. Fyi, ada h scene di mana gw bukanya sagne malah mewek karena dialog dan cerita nya, dan jujur ini pertama kalinya gw nangis hentai.

Masih membahas tentang H scene, H scene disini gk monoton, misal kita ngentod, trus ganti posisi ngentod lagi ganti posisi ngentod lagi, bagi kalian yg penasaran sama kelanjutan cerita nya pasti risih kan? Tpi tidak Di game ini, di game ini setiap h scene pasti ada jeda dan story berlanjut jadi gk akan bosen sama h scene yg itu itu aja xD Yah walaupun masih ada h scene absurd yg bikin gw teriak 'wtf man, you in the middle of the class!' or 'holy shit, lu ngentod di lawang pintu?' etc.

*Sound/Music
[Composer: Aota Niina (Angel Note)]

Buat music nya, omg opening nya epic banget (tfw, you play this game because the opening) Sountrack nya juga pas sama scene yg bisa bikin berdebar, bikin terharu, bikin sagne etc. Music saat h scene juga pas, gk bikin gw ketakutan karena lagunya horror kayak di hentai hentai lain.   
Selain opening dan soundtrack, ending music nya juga bagus dan membuat emotional impact saat mainin true ending, apalagi yg piano arrange dan orchestra arrange, dat touchy felling make me wanna cry :'(
Di game ini juga ada sound mode yg bisa di access klo kalian sudah tamat minimal 1 route.

*[Pros & Cons]
                                      
^Pros
-Story nya the best
-Character nya development nya bagus dan di setiap route background si cwe bakal terbuka.
-Ada flowchart, jadi kalian gk akan salah rute (pdkt sama si dia, jadian sama yg lain xD)
-Stunning soundtrack, good opening and ending
-Multiple endings
-Ada CG mode, sound mode dan replay mode
-Ada side story quest yg disebut 'fragment' yg bisa kalian mainkan di flowchart
-Lock save, jadi gk bakal salah nge save, klo sampai salah ngesave bisa diulang lagi di flowchart
-Art yg kekinian, gk terlalu jadul.
-low spec compatibility
-cwe nya perawan semua

^Cons
-Long story, gk cocok buat oramg yg main eroge cuma buat bacol
-Kalo mainin lewat flowchart gak bisa nge save :'(
-Ada karakter yg kawaii tpi gk bisa di entod :'(
-plot twist nya bikin bingung
-komposisi rute berat sebelah, ada yg panjang bgt, ada yg pendek banget
-h scene masih berbentuk CG statis

*[Final Though]
Walaupun ini eroge, tpi sisi menonjol dari game ini adalah storyline nya, masih banyak orang awam menilai eroge sebagai game hentai yg cuma ngentod doang, jadi kalo kalian masih berpikir seperti itu, kalian harus menainkan game ini dan gw yakin pendapat kalian bakal berubah 180°
Dan game ini cocok buat kalian yg suka drama, fantasy, supernatural, ataupun slice of life.

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.