Skip to main content

[Visual Novel Review] Ever17 -Out of Infinity- (en)

Ever17 Review


*Judul: Ever17 –The Out of Infinity–
*Release Date: 20 Desember 2005 (en)

*Developer: KID

*Publisher: KID (jp), Hirameki International (en)

*Length: Long (30-50 jam)

*Genre & Theme (without spoiler): Drama, Romance, Slice of Life, Sci-fi, Life & Death Drama, Mystery, Psychological, Suspense, Mind Screw

*Sexual Content: nope

 

~Synopsis~

Takeshi Kuranari, seorang mahasiswa berusia 20 tahun, mengunjungi taman hiburan bawah laut yang bernama LeMU. Sayangnya, dia terpisah dengan teman temannya. Ditengah pencarian untuk menemukan temannya, sebuah kecelakaan terjadi, air merembes masuk dengan kuat yang membuat setengah dari taman hiburan tersebut tenggelam. Terjebak didalam lift, Takeshi terlambat pergi ke permukaan untuk menyelamatkan diri. Sekarang, dia terjebak di bawah laut bersama kelima orang lainnya, dimana jalan keluar tertutup oleh air dan alat komunikasi tidak dapat digunakan. Seorang gadis stoic yang tatapannya sedingin es, pekerja magang LeMU yang energetic, assistent chief LeMU yang baik hati dan dapat diandalkan, gadis kecil periang dan seorang bocah amnesia. Mereka mempunyai waktu 7 hari untuk mencari jalan keluar atupun menunggu bantuan datang, sembari bayangan akan tenggelamnya taman hiburan tersebut menghantui mereka. Apakah mereka bisa selamat? Apakah ini benar benar kecelakaan? Banyak pertanyaan dan misteri yang muncul saat mereka berusaha untuk bertahan hidup,  dan sebagian dari mereka mempunyai niat yang berbeda selain hanya untuk menyelamatkan diri...

 

~Impression~

              Top tier & top quality content, good visual novel buat kalian yang suka genre misteri yang bikin mind blow. Heck, bahkan dari plot twist nya aja sendiri bener bener bikin vn ini worth buat dimainin.

              Terjebak di situasi hidup dan mati, mau gk mau mereka harus bekerja sama untuk bertahan hidup. Mempunyai tujuan yang sama mendekatkan mereka, berbagi pengalaman hidup mereka,tujuan hidup dan bahkan rahasia terbesar mereka masing masing. Semakin masa lalu mereka terungkap, misteri-nya malah semakin dalam dan rumit.

              Jalan ceritanya diambil dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu Takeshi dan The Kid. Untuk memahami ceritanya secara keseluruhan, kalian harus membaca cerita dari kedua sudut pandang tersebut. Rute Takeshi mempunyai 3 ending, yaitu Tsugumi End, Sora End dan satu bad end. Sementara Rute TheKid mempunyai 4 ending, yaitu You End, Sara End dan dua bad end.

 

~Characters~

*Kuranari Takeshi

 

 



              Salah satu protagonis di game ini, dia hanyalah mahasiswa biasa yang terjebak di bawah laut secara kebetulan. Mempunyai kepribadian yang konyol, outgoing, suka membuat lelucon, optimistik dan pemberani, walaupun kadang keras kepala. Dia berpikir bahwa kehidupan adalah keajaiban terbesar yang dialami oleh manusia, dan mereka harus terus bertahan hidup dan tidak menyerah dengan kehidupan walaupun sesakit atupun sesulit apapun itu. Pemikiran inilah yang bertentangan dengan Tsugumi, dan membuat mereka selalu bertengkar. Takeshi juga mempunyai karisma dan jiwa pemimpin yang bagus, sehingga dapat memimpin kelima orang lainnya. Dia juga mempunyai wajah yang handsome. Bayangkan saja, Tsugumi dan Sora tergila gila padanya hanya dengan waktu yang singkat xD.

              Dari kedua protagonis, gwa lebih suka rutenya Takeshi. Drama dan Suspensi nya lebih kerasa di rutenya dia. Bukan berarti rute nya the kid jelek sih, tapi misteri dan konsep teka teki diterapkan dengan lebih jelas.      

 

        

*The Kid

 

 

 

              Protagonis lain selain Takeshi. Tidak ada yang tahu asal usulnya, bahkan dirinya sendiri. Jika dibandingkan dengan kepribadian Takeshi yang berapi api, the kid lebih tenang dalam menyelesaikan suatu konflik. Dia juga digambarkan agak pemalu dan jarang berbicara. Tetapi sama halnya seperti Takeshi, dia juga berkarisma, after all dia juga dapat menaklukan hati love interest nya yaitu You, dan juga Sara... mungkin. Konflik batin yang dimiliki nya tentu saja mencari kebenaran tentang dirinya sendiri. Hal ini berubah di sepanjang cerita sih, dimana dia tidak memperdulikan masa lalu nya dan hanya fokus untuk menggapai masa depan yang cerah. Oleh karena itu, dia kadang berdebat dengan You yang masih terjebak di masa lalu yang bahkan rela untuk membuang masa depannya.

 


 

*Komachi Tsugumi

 


 

              My personal favorite, a classic tsundere, matanya sedingin es dan mulutnya setajam pisau. Dia tidak segan segan memukul Takeshi jika dia disentuh olehnya. But despite that, dia sebenarnya orang yang peduli dengan orang lain. Tidak akan ragu untuk mengorbankan dirinya jika salah satu dari mereka dalam bahaya. Dia hanya tidak ingin melibatkan dirinya dengan orang lain, dan juga tidak ingin orang lain terlibat denganya. Insecure dan low self-esteem, dia merasa bahwa dia dapat melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan yang lain, walaupun harus bekerja lebih keras karenanya. Dan bahkan ragu apakah dia ingin keluar dari LeMU atau tidak. Apa gunanya hidup jika kehidupanmu hanya dipenuhi oleh kesakitan, kesulitan dan kepedihan? Oleh karena itu, dia membenci Takeshi yang selalu optimis tentang kehidupan.

              Selain dari true end, Tsugumi End merupakan end yang benar benar bagus dari seluruh ending yang lain. Gwa bahkan rehat dulu sejenak dari game ini setelah melihat scene terakhir di ending Tsugumi :’

 

*Tanaka Yubiseiharukana

 


 

              A long ass name i know, makanya dia lebih suka dipanggil dengan nama panggilannya yaitu Tanaka You. Dia seorang part-timer yang bekerja di LeMU. Berumur 18 tahun dan saat ini sedang menimba ilmu archeologis di sebuah universitas. Seorang mood maker, You biasanya dapat mencairkan ketegangan dengan menyemangati mereka agar tidak berputus asa. Tetapi juga terkadang menjadi tidak sabaran dan gampang marah. Dia sering menjahili the kid karena menurutnya terlalu serius dan harus lebih santai. Meskipun sikap nya konyol, You sebenarnya orang yang cerdas dan mempunyai segudang ilmu pengetahuan, dari hal yang logis sampai hal yang mistis sekalipun. You sebenarnya datang dan bekerja di LeMU untuk mencari jawaban dari teka teki masa lalunya. Mungkin terjebak di LeMU adalah keberuntungan baginya...

 


*Akanegasaki Sora

 


 

              Seorang assistent chief yang kalian temui disaat penjelasan singkat tentang LeMU di pintu masuk. Sora adalah orang yang baik, jujur dan dapat diandalkan. Sora ini lah yang memberi tahu yang lain tentang seluk beluk dan kondisi LeMU saat ini, dan juga batas waktu mereka untuk menyelamatkan diri. Dia juga selalu mengamati dan menjaga kelima orang lainnya. Sora selalu menyalahkan dirinya atas tragedi yang menimpa para pengunjung LeMU yang terjebak dan merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan mereka. Akibatnya, dia selalu bekerja keras di depan monitor sampai larut malam, yang membuat Takeshi khawatir dengan keadaannya. Sora berpikir bahwa kehidupan itu indah, dia mengagumi prilaku para makhluk hidup yang berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup walaupun sesulit apapun dunia ini. Karena rasa kagum itulah, dia akhirnya meminta Takeshi untuk mengajari nya tentang kehidupan.

 


 

 

*Matsunaga Sara

 


 

              Heroine yang muncul di rute the kid saja. Sara adalah murid sma yang datang ke LeMU untuk karya wisata saja, namun sialnya, dia terpisah dari teman kelasnya dan malah terjebak disana. Sara sebenarnya adalah seorang hacker jenius, dan adik kelasnya You. Mempunyai pribadi yang agak aneh, dia membuat lelucon, bertingkah dan berbicara seperti ninja. Dia juga sering melamun, sehingga the kid harus meneriakinya untuk membuatnya kembali tersadar. Meskipun dia bertingkah seperti orang yang outgoing dan carefree, tetapi Matsunaga Sara bukanlah orang yang mempunyai kehidupan yang indah...

 


 

*Yagami Coco

 


 

              Anak kecil periang yang selalu membawa anjing kesayangannya. Dia selalu ceria dan tersenyum yang membuat para survivor lainnya menjadi lebih tenang. Bahkan Tsugumi pun tidak bisa berbuat apa apa dihadapannya. Tetapi kepribadiannya sedikit aneh, dia sering membuat lelucon yang membuat Takeshi jaw drop. Coco adalah faktor yang penting untuk menyatukan kelima orang lainnya. Dan... gk banyak yang bisa gwa katakan tanpa memberi spoiler.

 

~Arts/Graphics~

              Well, karena ini VN jadul, graphics nya tentu saja outdated. UI nya juga keliatan jadul dan rada susah digunain, tapi tetep usable. Art dari karakter nya masih pake style anime jaman 2000 an, mata nya bulet dan gede gede. But other than that, gwa masih bisa mainin VN ini dengan nyaman.

 

~Sound & Music

              Gk banyak yang bisa gw katakan soal musik nya. Mungkin salah satu yang paling berkesan adalah musik yang ngeplay saat kita di ambang keputusaasaan. Atmosfer ketakutan nya kerasa banget dan bahkan bikin bulu kuduk gw merinding.

 

~Conclusion~

              Visual Novel degan best story dan karakter, apalagi story nya yang penuh dengan misteri dan plot twist. Kalian yang udah pernah main seri Zero Escape, pasti bakal suka sama ni VN, after all vn ini ditulis oleh Uchikoshi Koutarou sendiri, di temani oleh Nakazawa Takumi yang sekarang terkenal dengan game I/O dan Root Double nya. Playing 999 first ruining my experience tough, karena di Ever17 ada plot twist yang hampir sama kayak di 999, jadi di awal awal ada plow twist yang dah ketebak, but other than that, masih banyak plot twist lain yang bikin kepala meledak.

              For the last, gwa gk bisa ngasih alasan banyak banyak buat nge-rekomendasiin VN ini. Karena VN kek gini lebih baik kalian rasain langsung sensasi nya, daripada ngedengerin ocehan dari mulut gwa. Trust me, kalian gk bakal nyesel. Dan untuk motivasi tambahan, VN ini menduduki peringkat 10 dalam popularitas, dan peringkat 19 dalam rating. Worth buat dicoba bukan?

 

 

Comments

Popular posts from this blog

[Visual Novel Review] Karenai Sekai to Owaru Hana

*Judul: Karenai Sekai to Owaru Hana (The rainbow appears after flowering rain) *Release Date: 25 November 2016 *Developer: Sweet & Tea *Length: Medium *Genre: Life & Death Drama, Romance, Psychological, Nakige, Fantasy “Aku adalah orang yang kalian sebut sebagai Shinigami” [Story] *Story writter: Yukihito Shou seorang pemuda dalam perjalanan, bertemu dengan Ren, loli misterius dan membawanya karena tujuan mereka sama. Setelah tiba di kota tujuan, Shou dan Ren mulai menjadi dekat dan memutuskan untuk hidup bersama untuk alasan yang misterius. Tapi karena tidak membawa barang atua uang mereka harus bekerja sampe mampus hanya untuk mencari tempat tidur dan sesuap nasi untuk bertahan hidup. Sampai mereka bertemu Haru, gadis pemilik restoran bernama “Faminyu” bersama kedua saudarinya Kotose dan Yukina. Karena kasihan melihat Shou dan Ren tidur di pinggir kali, Haru menawarkan pekerjaan dan setelah itu mereka hidup bersama di dalam restoran y

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1

Rekomendasi Game PSP Seru & Cocok Buat Wibu (Anime animean) Bagian 1 Seperti yang kita ketahui, handheld PSP sudah mati dan Sony berhenti untuk mengeluarkan game untuk Playstation Portable ini. Tapi buat emulator user, hal ini bukan lah suatu masalah, game PSP selain size nya lebih kecil dari game PC, kita juga bisa menikmati game dengan nuansa ‘kewibuan’ mengingat banyak developer jepang yang mengeluarkan game di platform tersebut. Game PSP juga bisa menjadi alternatif buat yang punya PC butut yang gk mampu buat ngehandle game berat. Note: disini gw gk bakal masukin game mainstream kek Harvest Moon, Rune Factory, Final Fantasy atau Persona 3. Alasannya mungkin kalian udah pada tahu dan udah banyak yang mainin. Ok gk usah basa basi lagi tod, kita mulai aja cekidot Riviera, the Promised Land Genre: RPG, Dating Sim Ok,   pertama tama gw kasih Riviera dari Atlus & Sting. Part of Dept. Heaven series, bercerita tentang wingless angel bernama

[Eroge Review] Nekopara

[Eroge Review]                                                     Ok first thing first, alasan gw nulis review ini adalah karena gw terkesan setelah memainkan visual novel ini dan ingin memberikan apresiasi dan rasa respect gw kepada developer nya, dan sampai sekarang gw masih merasa 'guilty' karena telah ngebajak game ini.   Ok, let's get started [Judul: Nekopara] [Genre: Comedy, drama, slice of life]                                       Note: Review cuma sampai vol 2. [Story] Game ini ada 2 volume, vol 1 bercerita tentang mc dan 2 heroine, vol 2 bercerita tentang mc dan kedua heroine lainnya. Ok, it's really worst summary. Cerita dimulai di sebuah keluarga yg mempunyai 6 'catgirl' (I dunno how to call it) dan 2 anak, anak kesatu karena sudah dewasa dia ingin pindah dan bekerja di kota, setelah sampai di rumah (lebih mirip toko) dia sadar ternyata 2 catgirl peliharaan nya ikut pindah ke toko lewat paket j*e.